Sukses


Persiba Balikpapan Siap Jadi Musafir Musim Depan

Bola.com, Balikpapan - Persiba Balikapan dipastikan kehilangan stadion bersejarah sebagai kandang mereka, Stadion Parkesit. Stadion tersebut dipastikan dibongkar total dan akan beralih fungsi.

Manajemen tim Beruang Madu bergerak cepat untuk mencari stadion baru untuk menggelar laga kandang. Beruntung, pembongkaran baru akan dilaksanakan Januari 2017, sehingga untuk laga Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo tak terganggu.

"Jika tidak ada kendala Stadion Parikesit Persiba akan dibongkar total per januari 2017. Stadion tersebut akan dibongkar karena kepentingan Pertamina," kata Direktur Sport Persiba, Jamal Al Rasyid kepada Bola.com, Jumat (07/10/2016).

Menurut Jamal, manajemen mempunyai opsi Stadion Batakan yang berkapasitas 45.000 tempat duduk untuk dipakai laga kandang musim depan.

Namun, Stadion Batakan yang dijadwalkan selesai pembangunannya pada Desember 2016 tidak mungkin bisa dipakai langsung karena menyangkut rumput yang belum siap bersamaan dengan selesainya pembangunan fisik stadion.

Alhasil, Jamal memastikan Persiba akan menjadi musafir untuk putaran pertama kompetisi musim depan. Tiga tempat yang mempunyai stadion representatif pun akan disiapkan untuk menjadi kandang sementara Persiba, seperti Stadion Maguwoharjo Sleman, Stadion Sultan Agung Bantul, dan Stadion Batakan, Panajam Paser Utara.

"PPU adalah kabupaten tentangga Balikpapan. Bahkan Bupati PPU pun sudah terbuka terkait pemakaian stadion, demikian juga dengan suporter yang berharap PPU menjadi kandang sementara Persiba karena lebih dekat dengan Balikpapan," tambahnya.

Tapi, lagi-lagi kendala menghadaang jika manajemen ingin memakai stadion di PPU. Menurut Jamal, stadio di PPU belum tentu lolos verifikasi dari operator karena ketiadaan lampu serta fasilitas penunjang lainnya.

"Stadion Batakan belum pernah diverifikasi, juga terkait lampu penerangan yang tentunya harus memenuhi standar ISL. Demikian juga di PPU belum ada hotel berbintang tiga serta syarat-syarat lainnya," ungkapnya.

Untuk itu, atas nama manajemen, Jamal berharap pihak Pertamina mengundur jadwal pembongkaran Stadion Parkesit dari Desember 2016 ke Juli atau Agustus 2017. Hal itu sangat diperlukan agar Persiba tidak menjadi tim musafir karena pada pertengahan 2017 Stadion Batakan sudah bisa dipakai.

"Persiba akan rugi baik dari pemasukan juga dukungan dari suporter. Tapi apapun alasannya Persiba harus siap karena musim depan kompetisi resmi bergulir," kata Jamal Al Arasyid.

Video Populer

Foto Populer