Sukses


Peluang Timnas Malaysia Juarai Piala AFF Diragukan Sang Menpora

Bola.com, Putra Jaya - Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin, mulai realitistis dengan timnas Malaysia. Menurut sang menpora, kans timnas Malaysia memenangi Piala AFF 2016 dianggapnya tipis. Hal itu disampaikan Khairy setelah menonton aksi timnas Malaysia proyeksi Piala AFF saat beruji coba kontra Singapura (7/10/2016).

Sehari setelah duel klasik antara dua negara bertetangga dekat itu, Khairy tak lagi yakin skuat asuhan pelatih Ong Kim Swee itu mampu bicara banyak pada turnamen paling elite di regional ASEAN edisi ke-11 tahun ini.

Pada uji coba itu, Malaysia menahan tanpa gol tuan rumah pada pertandingan yang dimainkan di National Stadium, Singapura.

Tim Harimau Malaysia lebih banyak bertahan dan hanya sesekali mengandalkan serangan balik. Selebihnya, pertandingan dikuasai timnas Singapura. Malaysia bahkan dinilai beruntung tidak kalah.

"Pelatih timnas Datuk Ong Kim Swee membuat banyak perubahan yang menjadikan pertandingan tidak menarik," ujar Khairy seperti dikutip dari Utusan Malaysia, Minggu (9/10/2016).

"Kami hanya beruntung karena banyak bola mereka kena tiang dan mampu ditepis kiper (Khairul Azhan Khalid). Saya nilai timnas belum menemukan permainan yang pas dalam kerangka memenangi Piala AFF. Saya harap pelatih menyiapkan taktik lebih lebih bagus untuk Piala AFF," kata Khairy.

Sejauh ini performa timnas Malaysia dianggap sejumlah kalangan belum memuaskan karena sang pelatih, Ong Kim Swee, masih dalam tahap mencari komposisi pemain terbaik di setiap posisi. Belum lagi, persoalan internal yang seakan terus menderanya, dimulai pengunduran diri empat pemain tulang punggung timnas pada medio Juli.

Mereka juga digulung 0-3 oleh Indonesia dalam uji coba di Stadion Manahan, Solo (6/9/2016). Padahal, uji coba itu jadi laga perdana tuan rumah selepas pencabutan sanksi FIFA yang membelit lebih dari setahun lamanya. Sementara pasukan Ong Kim Swee sudah menjalani rangkaian uji coba dengan melawat ke negara-negara Oceania pada akhir Juni 2016.

2 dari 2 halaman

Tak perlu bermain cantik

Mendengar kans timnya menjuarai Piala AFF 2016 diragukan menpora, secara khusus lantaran permainan timnya yang dianggap belum meyakinkan, Ong Kim Swee bergeming. 

Ia menyadari timnya tidak bermain cantik saat melawan Singapura. Hanya, pelatih 45 tahun itu mengajak seluruh pihak untuk melihat kondisi terkini timnya.

Saat meladeni The Lions, pelatih asal Melaka itu mencoba banyak pemain baru, termasuk empat pemain belakang. Ia menegaskan masih mencari pemain terbaik.

Hal ini berbeda dengan timnas Singapura yang sudah mulai punya gambaran skuat inti, bahkan dianggap menurunkan skuat terbaik seperti saat menahan 0-0 Jepang pada kualifikasi Piala Dunia 2018/Piala Asia 2019 (16/6/2015).

"Dari sisi pertahanan, kami bermain baik, bermain dalam satu unit. Kami lakukan apa yang perlu dilakukan saat melawan Singapura karena mereka menurunkan skuat terbaik. Apakah saya senang atau tidak dengan permainan tim, itu tidak penting. Apa gunanya bermain cantik, tapi akhirnya malah kalah, bisa jadi malapetaka. Jadi, kami tak selalu harus bermain cantik," tutur Ong Kim Swee di Harian Metro, Minggu (9/10/2016).

"Jika saya punya tim seperti saat mengalahkan Timor Leste (di play-off kualifikasi Piala Dunia 2018), saya yakin kami lebih baik. Tapi, pemain yang ada sekarang bila diberikan kesempatan, mereka akan mampu membuktikan kemampuan dan layak berada di timnas," imbuh Kim Swee.

 

Video Populer

Foto Populer