Sukses


Boaz Solossa: Sanjungan ke Alfred Riedl dan Target di Piala AFF

Bola.com, Jakarta - Boaz Solossa akan tampil pada Piala AFF edisi ketiga selama berkostum Timnas Indonesia yang berlangsung di Filipina dan Myanmar, 19 November-17 Desember 2016.

Berbeda dengan dua ajang Piala AFF sebelumnya, kali ini Boaz menyambut Piala AFF 2016 dengan peran yang berbeda. Bochi, sapaan akrabnya, akan menjadi kapten Tim Merah Putih di turnamen paling bergengsi se-Asia Tenggara.

Striker berusia 30 tahun ini mengaku siap mengemban tugas sebagai kapten tim yang diberikan oleh pelatih asal Austria, Alfred Riedl. Bukan itu saja, pemain pengoleksi tiga gelar Top Scorer kompetisi kasta elite itu juga termotivasi mengukir prestasi walau Timnas Indonesia terkendala dengan persiapan minim menghadapi Piala AFF 2016.

Pemain yang mengemas 36 cap memiliki keyakinan skuat Tim Merah-Putih bisa berbicara banyak di Piala AFF 2016. Optimisme itu tak surut meski Boaz dkk. tergabung di grup berat bersama Thailand, Singapura, dan tuan rumah Filipina.

Berikut petikan wawancara Bola.com dengan pemain yang bersinar di Piala AFF 2004 kala masih berusia 19 tahun ini di Yogyakarta saat Timnas Indonesia beruji coba melawan Vietnam:

Anda diplot sebagai kapten tim di Piala AFF 2016. Apakah tugas ini menjadi beban atau justru membuat Anda termotivasi?

Buat saya tugas sebagai kapten tim merupakan hal yang biasa saja. Yang penting buat saya bagaimana menjalankan tugas dan memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia.

Skuat Timnas Indonesia ke Piala AFF kali ini banyak diisi pemain baru. Bagaimana menurut Anda?

Buat saya pribadi perekrutan yang dilakukan Alfred Riedl sangat baik karena ada kolaborasi pemain muda dan senior di Timnas Indonesia. Di tim ini ada pemain senior seperti Ferdinand (Sinaga), Zulham (Zamrun), dan saya. Buat saya, ini tim yang bagus.

2 dari 2 halaman

Timnas Indonesia Buat Kejutan di Piala AFF 2016

Bagaimana Anda melihat keberadaan para pemain muda di Timnas Indonesia?

Mereka semua bagus dan semua punya kemauan. Evan punya jam terbang dan permainan yang bagus, mereka juga sudah bersama-sama sejak di Timnas U-19. Kemudian ada para pemain lain , mereka juga memiliki pengalaman bertanding di klub masing-masing. Saya rasa itu yang bisa kami bawa di Piala AFF nanti.

Sosok Boaz sekarang lebih dewasa dibandingkan sebelumnya. Apakah ada perbedaan yang mencolok antara Boaz yang dulu dan sekarang?

Saya rasa sama saja, tidak ada perbedaan sama sekali. Bicara tim ini, saya rasa kami sudah mulai padu dan di Piala AFF kami bisa berbicara banyak.

Apakah Anda sebagai kapten tim terpikir untuk membawa tim ini juara?

Saya hanya berpikir memberikan yang terbaik untuk Timnas, tidak ada pikiran yang lain.

Apakah ada beban berat untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2016?

Tidak ada beban yang berat. Saya sudah bicara sama teman-teman bahwa sekarang kami sudah terbebas dari sanksi. Saya rasa tim-tim seperti Singapura, Malaysia menganggap kami sudah tidak ada.

Sekarang seluruh masyarakat berharap kepada kami, pemain yang dipilih Riedl. Tim seperti Malaysia, Singapura, Thailand berpikir kami sudah hilang, tapi saya bilang ke mereka bahwa Timnas Indonesia akan mengejutkan di Piala AFF nanti.

Video Populer

Foto Populer