Sukses


Jendri Pitoy Sebut Andritany Pantas Jadi Kiper Utama Timnas

Bola.com, Surabaya - Dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia proyeksi Piala AFF 2016, ada beberapa kiper yang dipanggil Alfred Riedl. Mereka dipastikan kiper terbaik yang ada di Indonesia saat ini.

Kiper-kiper itu adalah Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta), Dian Agus Prasetyo (Pusamania Borneo FC), Kurnia Meiga Hermansyah (Arema Cronus), Jandia Eka Putra (Semen Padang), dan Hery Prasetyo (Madura United). Namun, hingga kini belum diputuskan siapa yang akan dipilih menjadi kiper utama timnas saat tampil di Piala AFF nanti.

Eks kiper Timnas Indonesia, Jendri Pitoy, tertarik mengungkapkan pendapatnya terkait persaingan di sektor penjaga gawang timnas saat ini.

Dari sederet kiper yang saat ini mengikuti TC timnas, ia menilai Andritany Ardhiyasa paling layak menjadi kiper utama Tim Garuda. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi penilaiannya.

Selain berpengalaman, Andritany punya ketenangan, kemampuan di atas rata-rata, serta stabilitas penampilan, baik bersama klub maupun timnas dalam beberapa laga uji coba terakhir.

"Dia juga punya percaya diri yang cukup bagus. Saya rasa ini sangat penting bagi seorang kiper timnas," kata Jendri.

Tidak tergantikan di bawah mistar gawang Persija sejak awal musim, dianggap juga sebagai catatan positif adik kandung stoper Bhayangkara FC, Indra Kahfi, ini di mata Jendri. Tak cukup itu, pembawaan Andritany yang tenang membuat rekan-rekannya, khususnya pemain belakang, lebih nyaman bermain bersamanya.

"Saya pikir ia sudah teruji bersama Persija. Ingat, Persija bukan tim kuat yang dihuni pemain-pemain bintang seperti dulu, tapi Andritany menjadikan gawang Persija sulit dibobol. Ia juga membuat banyak penyelamatan,” kata kiper yang masuk skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2002, 2004, dan 2007 ini.

Meski masih ada Kurnia Meiga Hermansyah, Dian Agus Prasetyo, Jandia Eka Putra maupun Hery Prasetyo, ia menilai keempatnya tidak sebaik Andritany, terutama soal stablitias penampilan.

"Kurnia Meiga baru sembuh dari cedera. Ia lama absen sehingga tak cukup merasakan atmosfer kompetisi. Sementara Dian Agus penampilannya masih naik-turun dan Jandia beberapa kali melakukan blunder," ulasnya.

Jendri yakin Alfred akan memilih Andritany sebagai kiper utama Timnas Indonesia di Piala AFF nanti. Sebab, dari dua kali penampilannya bersama Tim Garuda di uji coba melawan Malaysia dan Vietnam lalu, Andritany menunjukkan penampilan gemilang.

 

Video Populer

Foto Populer