Sukses


Profil Tim Piala AFF: Vietnam Memburu Gelar Kedua

Bola.com, Jakarta - Vietnam pantas disebut sebagai salah satu kandidat juara Piala AFF 2016 di Myanmar dan Filipina, 19 November-17 Desember. Hal ini tidak lepas dari penampilan apik dalam laga uji coba dan skuat penuh talenta yang dimiliki juara Piala AFF 2008 itu.

Tim yang diarsiteki Nguyen Huu Thang belum terkalahkan selama masa persiapan mereka menuju Piala AFF 2016. Dari 8 laga uji coba yang sudah dilalui, Le Cong Vinh dan kawan-kawan meraih lima kemenangan dan tiga hasil imbang.

The Golden Star, julukan Vietnam, berhasil mengalahkan Suriah 2-0, Singapura 3-0, imbang 2-2 kontra Indonesia, dan tentu yang paling fenomenal mengalahkan Korea Utara 5-2 pada 6 Oktober 2016.

Selain itu, Vietnam juga berhasil mengalahkan salah satu tim papan atas di Korea Selatan, FC Seoul dengan skor 3-0 saat melakoni training centre di Negeri Ginseng, beberapa waktu lalu. Beragam hasil uji coba ini menebalkan optimisme tim yang hanya mampu finis sebagai semifinalis di Piala AFF 2014.

"Kondisi cuaca di Korea Selatan sangat mendukung pemain untuk mencapai target yang sudah saya tetapkan. Kami melakoni tiga laga uji coba melawan tim kuat di Korea Selatan dan dari segi fisik semua berjalan sangat baik dan pertandingan yang kami jalani juga membuat saya senang," kata Huu Thang.

Selain hasil uji coba yang impresif, skuat Vietnam berisikan para pemain hebat. Huu Thang juga berhasil memadukan para pemain berpengalaman seperti Cong Vinh, Pham Thanh Luong hingga Nguyen Van Quyet dengan para pemain jebolan Timnas U-19 macam Luong Xuan Truong, Nguyen Tuan Anh, dan Nguyen Chong Phuong.

Tiga nama terakhir disebut-sebut sebagai fondasi masa depan Golden Star dengan bakat besar yang mereka miliki. Ketiganya saat ini sedang menjalani masa pinjaman di klub Korea Selatan dan Jepang. Xuan Truong bersama Incheon United, Chong Phuong (Mito Holly Hock), dan Tuan Anh (Yokohama FC).

Kombinasi pemain senior dan junior ini juga membuat Vietnam tampil sangat menjanjikan selama masa persiapan menuju Piala AFF 2016. Alhasil, kans Vietnam mengulangi sukses tahun 2008 sangat terbuka lebar dengan skuat yang mereka miliki saat ini.

Vietnam bisa dibilang berada di deretan favorit untuk meraih gelar kedua mereka dalam persaingan tim di kawasan Asia Tenggara ini. Vietnam bersanding dengan Thailand dan juga Filipina yang menjadi salah satu tuan rumah penyisihan grup Piala AFF 2016.

DATA TIM

Julukan : Golden Star
Pelatih: Nguyen Huu Thang
Kapten: Le Cong Vinh
Caps terbanyak: Le Cong Vinh (777)
Top Scorer: Le Cong Vinh (77)
Ranking: 136

Skuat sementara
Kiper
Tran Nguyen Mạnh, Nguyun Tuan Mạnh, Huynh Tuan Linh, Dang Van Lam

Bek
Truong Dinh Luat, Tran Dinh Dong, Dinh Tien Thanh, Au Van Hoan, Tran Dình Hoang, Vu Van Thanh, Nguyen Minh Tung, Sam Ngọc Duc,

Gelandang
Phạm Thanh Luong, Nguyen Trọng Hoang, Dinh Thanh Trung, Nguyen Huy Hung, Vu Minh Tuan, Ngo Hoang Thịnh, Vo Huy Toan, Tran Phi Sơn, Nghiem Xuan Tu, Luong Xuan Truong, Nguyen Tuan Anh

Striker
Le Cong Vinh, Nguyen Van Quyet, Nguyen Van Toan, Hoang Dình Tung, Le Van Thang, Nguyen Chong Puong

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Pelatih: Nguyen Huu Thang

Nguyen Huu Thang bukan sosok asing bagi persepak bolaan Vietnam. Pria berusia 44 tahun ini merupakan mantan kapten Timnas Vietnam pada era 2000-an.

Ia memperkuat Timnas Vietnam dalam empat edisi Piala AFF (1996, 1998, 2000, dan 2002). Selain itu, Huu Thang juga bermain di SEA Games sebanyak empat kali, yakni pada 1995, 1997, 1999, dan 2001.

Seusai gantung sepatu tahun 2005, Huu Thang memulai karier kepelatihannya bersama Song Lam Nghe An. Setelah itu, ia juga pernah dipercaya menukangi Timnas Vietnam U-20 (2005) dan Hanoi T&T (2009), sebelum akhirnya kembali menukangi Song Lam Nghe An selama lima musim (2009-2014).

Pada petualangan keduanya bersama klub yang tampil di V League 1, Huu Thang berhasil memberikan gelar Piala Nasional pada 2010 dan Piala Super, setahun berselang. Kiprahnya yang cukup apik sebagai pelatih membuat Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) terpincut.

Alhasil, Huu Thang diplot sebagai pelatih anyar Vietnam menggantikan peran juru racik formasi asal Jepang, Toshiya Miura yang hanya mampu membawa Vietnam finis ketiga di Piala AFF 2014. Huu Thang sendiri resmi menjabat sebagai pelatih Vietnam pada Maret 2016 dan memiliki durasi kontrak selama dua tahun.

Sejauh ini, kiprah Vietnam dalam laga uji coba bersama Huu Thang juga terbilang apik. Ia berhasil membawa skuat Vietnam yang merupakan kombinasi pemain senior dan junior meraih hasil meyakinkan. Modal berharga yang bisa membuat Huu Thang percaya diri untuk membuat sejarah dengan membawa Vietnam meraih gelar kedua mereka di Piala AFF.

3 dari 3 halaman

Pemain Bintang: Le Cong Vinh

Striker berusia 30 tahun ini merupakan pemain paling berpengalaman di Timnas Vietnam. Ia sudah bermain dalam lima edisi Piala AFF.

Cong Vinh pertama kali tampil di Piala Tiger (sekarang) Piala AFF 2004. Setelah itu, ia juga ambil bagian di turnamen sepak bola paling akbar se-Asia Tenggara tahun 2007, 2008, 2012, dan 2014.

Cong Vinh juga masih berstatus pemain paling populer di Negeri Paman Ho. Popularitas striker yang sukses membawa Vietnam juara Piala AFF 2008 masih belum mampu ditandingi pemain lain, termasuk pula tiga bintang muda, Nguyen Chong Phuong, Luong Xuan Truong, dan Nguyen Tuan Anh.

Selain pengalaman dan popularitasnya, nama Cong Vinh begitu dipuja karena ketajaman dalam urusan membobol gawang lawan. Pemain yang mengoleksi 77 caps itu telah mencetak 47 gol bersama The Golden Star.

Jumlah gol itu menempatkan Cong Vinh sebagai pencetak gol terbanyak Vietnam sampai dengan saat ini. Selain itu, ia juga berstatus pemain dengan caps terbanyak di Timnas Vietnam.

Di Piala AFF 2016, pemain yang memulai kiprahnya di Piala AFF saat berusia 18 tahun memiliki ambisi tinggi. Pemain yang kini membela klub Becamex Binh Duong ingin mengulangi sukses Vietnam di Piala AFF 2008.

Pemain yang pernah memperkuat klub Portugal, Leixoes itu optimistis bisa mewujudkan ambisi tersebut dengan skuat penuh talenta yang dimiliki Vietnam. "Ini Piala AFF terakhir buat saya. Saya berharap Vietnam tampil baik, lolos ke final, dan bisa meraih gelar juara," ucap Cong Vinh kepada Bola.com, beberapa waktu lalu.

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer