Sukses


Pertandingan Piala AFF Resmi Pengaruhi Ranking di FIFA

Bola.com, Hanoi - Setelah bergulir selama 11 edisi sejak 1996, Piala AFF (dulu bernama Piala Tiger), FIFA akhirnya  melabeli dan mengesahkan Piala AFF sebagai turnamen kategori A.

Selama ini, Piala AFF hanya dianggap FIFA sebagai sebuah partai persahabatan biasa dan poin yang dihasilkan dari turnamen dua tahun sekali ini hanya berdampak pada penghitungan poin di AFF, tidak di FIFA.

Seperti dilansir dari ESPN Asia, Selasa (8/11/2016), menyusul pengesahan itu, Piala AFF 2016 akan masuk dalam sistem penghitungan poin FIFA, yang salah satunya bakal berdampak pada ranking timnas di FIFA.

"Baru-baru ini kami sudah mendapatkan pengesahan dari AFC bila Piala AFF sekarang masuk dalam penghitungan poin FIFA," ujar Datuk Seri Azzuddin Ahmad, Sekjen AFF.

"Kami mendapat dukungan dari 11 negara anggota AFF. Berkat dukungan mereka, gengsi Piala AFF kini makin meningkat," imbuhnya.

Datuk Seri Azzuddin Ahmad menambahkan bila Piala AFF memberikan jaminan tontonan tidak hanya di regional ASEAN melainkan juga dunia. "Piala AFF jadi turnamen premier (utama) kami, alat kami menembus pasar (dunia)," lanjut Datuk Seri Azzuddin Ahmad.

Kebijakan FIFA memberi pengakuan pada Piala AFF sebagai turnamen dengan tipe A, salah satunya disebabkan turnamen sepak bola terakbar di ASEAN ini mendapat perhatian luas dari kalangan penggemar sepak bola regional ASEAN.

Sebagai salah satu bukti adalah jumlah penonton maupun rating dari siaran televisi yang terus meningkat. FIFA pun menganggap Piala AFF sebagai turnamen penting.

Pada 2010, rekor tercipta saat 192 juta pemirsa televisi menyaksikan turnamen ini saat Malaysia menundukkan Indonesia di final untuk merengkuh gelar perdana mereka. Untuk dua leg partai final saja, sebanyak 15 juta penonton hanya datang dari pemirsa di Indonesia. Kemudian pada 2014, hampir lima juta penonton Malaysia menyaksikan turnamen ini melalui televisi berbayar. 

Dengan pengesahan ini, para peserta Piala AFF, termasuk Timnas Indonesia, dipastikan akan makin termotivasi untuk mengalahkan setiap lawan demi merebut gelar juara sekaligus memperbaiki posisi di ranking FIFA yang penghitungannya rutin diperbaharui setiap satu bulan sekali.  

Sekadar diketahui, FIFA menerapkan rumus P = M x I x T x C untuk menghitung peringkat setiap bulannya. Dengan menjadi pertandingan kelas A, setiap pertandingan di Piala AFF masuk ke variabel I, yaitu Importance of Match atau pertandingan penting.

Dalam variabel I itu Piala AFF masuk ke kategori friendly match yang termasuk pula turnamen kecil. Nilai untuk variabel itu adalah 1.0.

Sedangkan untuk pertandingan kelas kualifikasi, baik Piala Dunia maupun Konfederasi, nilainya 2.5. Kemudian pertandingan di Piala Konfederasi dan Piala Asia sejenisnya bernilai 3.0. Untuk pertandingan putaran final Piala Dunia nilai variabelnya 4.0.

 

Video Populer

Foto Populer