Sukses


Timnas Malaysia Pakai Drone untuk Katrol Performa di Piala AFF

Bola.com, Kuala Lumpur - Timnas Malaysia menggunakan sentuhan teknologi terkini dalam persiapan menuju Piala AFF 2016. Hal itu setelah sang pelatih, Ong Kim Swee, menggunakan drone (pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh) dalam sesi latihan di Kuala Lumpur.

Pada Selasa (8/11/2016), dua drone terlihat terbang mengelilingi arena tempat timnas Malaysia proyeksi Piala AFF 2016 berlatih. Ong Kim Swee meyakini bila pemainnya akan makin berkembang dengan bantuan teknologi dari udara itu.

"Penggunaan drone memiliki tujuan baik dalam sesi latihan taktikal. Hal itu bisa memberikan saya pandangan menyeluruh dari sesi yang kami lakukan," kata Ong seperti dilansir dari ESPN Asia (9/11/2016).

"Penggunaan itu (drone) bukan untuk gaya-gayaan atau sekadar karena populer, tapi lebih memanfaatkan kegunaannya secara progresif," imbuh pelatih 45 tahun itu.

Dalam dunia kepelatihan penggunaan drone bukan hal baru. Pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez, juga memanfaatkan pesawat mini berkamera dalam rangka memberikan pemainnya pemahaman lebih baik perihal taktik yang dibutuhkannya. Yang lain, ada Michael Owen yang memang dikenal dengan fans teknologi drone.

Ong Kim Swee mengungkapkan ia ingin membantu pemainnya mendapatkan gambaran penuh mengenai persepsi persaingan di Grup B Piala AFF 2016.

"Saya ingin menunjukkan para pemain pergerakan mereka secara keseluruhan dan bagaimana kami bisa berkembang secara taktik. Kami sudah menggunakannya selama empat hari dan sejauh ini cukup membantu," bebernya.

Satu-satunya pemain yang pergerakannya dianggap belum cukup memuaskan adalah Nasir Basharuddin. Tentu saja karena gelandang bertahan itu memang absen latihan karena cedera paha.

"Akan sulit buatnya kembali ke latihan tepat waktu. Tapi, saya tidak akan memanggil pemain lain lagi karena kami tinggal punya waktu seminggu. Kami masih punya Fakri Saarani, Amri Yahyah, S. Veenod, dan Irfan Fazail yang bisa bermain di posisi itu, jadi tak masalah," ucapnya.

Selain menggunakan drone untuk membuat permainan makin oke, Ong Kim Swee juga menggembleng timnya dengan sesi latihan pada siang hari, yakni jam 15.00 waktu lokal (jam 14.00 WIB). Selain menguji fisik pemain, hal itu juga dimaksudkan untuk membiasakan Safee Sali dkk. dengan cuaca di Yangon, Myanmar.

Sebelum bertolak ke Yangon, Timnas Malaysia masih akan menjalani satu uji coba terakhir, yakni menjamu Papua Nugini di Stadion Shah Alam pada Senin (14/11/2016).

 

 

 

Video Populer

Foto Populer