Sukses


Thailand Ingin Hattrick, Kans Indonesia ke Semifinal Makin Besar

Bola.com, Quezon City- Timnas Thailand sudah memastikan lolos ke semifinal Piala AFF 2016 setelah meraih dua kemenangan beruntun, masing-masing atas Indonesia 4-2 dan Singapura 1-0. Meski mengisyaratkan akan merotasi pemain, Thailand dipastikan tetap akan memburu kemenangan di partai terakhir penyisihan Grup A melawan Filipina, Jumat (25/11/2016).

Timnas Thailand ingin hattrick kemenangan alias sapu bersih di fase penyisihan grup. Begitu penegasan yang disampaikan pelatih timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang. Target ini sesuai dengan yang disampaikan sang pelatih, tidak lama setelah pengundian grup dilakukan awal Agustus lalu, dan diulang lagi pada Rabu (23/11/2016).

"Kami mungkin akan membuat banyak perubahan di laga nanti karena kami ingin menjaga pemain tetap bugar untuk fase selanjutnya. Tapi, laga ketiga ini tetap penting karena kami ingin mengakhiri penyisihan grup dengan mengoleksi nilai maksimal sembilan poin," kata Kiatisuk di The Nation.

Kiatisuk punya alasan kuat agar timnya tetap memburu kemenangan. "Bila kami bisa mengalahkan Filipina, akan berpengaruh bagus bagi ranking FIFA kami. Di sisi lain, posisi kami di puncak klasemen bisa turun bila kami kalah di laga ini," kata Kiatisuk Senamuang.

"Tapi, bagaimanapun kami tidak bertanding untuk membuktikan bila kami jadi yang nomor satu di kawasan ini. Menjuarai turnamen inilah yang akan jadi buktinya," imbuh sang pelatih.

Kiastisuk Senamuang juga menjelaskan bila timnas Filipina saat ini sudah berbeda dibandingkan yang dihadapi pada semifinal di Piala AFF dua tahun lalu. Thailand ketika itu menghentikan Filipina di semifinal dengan agregat gol 3-0.

"Dua tahun lalu mereka sudah bagus. Sekarang, tidak hanya mempertahankan pemain lama, mereka juga memasukkan pemain baru. Mereka jadi lebih hidup. Di depan, mereka punya penyerang lincah dan tajam. Mereka bermain ofensif. Para pemain punya skill dribbling bola yang bagus. Mereka juga bahaya dalam hal eksekusi set piece," beber pelatih 43 tahun itu.

"Tendangan bebas Phil Younghusband saat melawan Indonesia jadi contohnya. Namun, mereka juga juga masih punya kelemahan. Bila kami menyerang mereka dengan cepat dan tepat, kami bisa menyulitkan mereka," ucap pelatih yang juga legenda hidup sepak bola Thailand itu.

Kabar kengototan timnas Thailand untuk mengalahkan Filipina ini tentu diharapkan bisa jadi pendorong semangat bagi Timnas Indonesia untuk bisa habis-habisan mengalahkan Singapura.

Skuat asuhan Alfred Riedl itu harus membuang jauh-jauh pikiran waswas seandainya Thailand bakal bermain mata di laga terakhir karena sekalipun menurunkan skuat lapis kedua, pemain cadangan timnas Thailand memiliki kualitas tinggi dan berpotensi menyulitkan Filipina.

 

Video Populer

Foto Populer