Sukses


Pemain Timnas Indonesia Takut Lawan Thailand? Itu Kisah Masa Lalu

Bola.com, Jakarta - Persaingan Timnas Indonesia dan Thailand sudah kerap terjadi lantaran kedua tim berada dalam satu kawasan, yaitu ASEAN. Duel kedua tim di kancah Piala Tiger, yang kini dikenal sebagai Piala AFF sudah beberapa kali terjadi.

Pada ajang ini, Timnas Indonesia berada pada pihak yang inferior. Empat kali masuk final, Tim Merah Putih belum sekalipun mencicipi gelar juara. Sementara Thailand, bersama Singapura, adalah pengoleksi gelar terbanyak dengan empat trofi.

Tak heran jika catatan ini kemudian membuat Thailand dipandang lebih hebat ketimbang Indonesia. Bahkan, pada masa lalu sempat terbersit cerita bahwa pemain Timnas Indonesia seringkali merasa kalah sebelum bertanding jika menghadapi Thailand.

Benarkah hal itu?

"Bisa dibilang seperti itu, karena memang pernah terjadi salah satu pemain Timnas Indonesia merasa gentar lebih dulu sebelum bertanding lawan Thailand," kata Imran Nahumarury, gelandang timnas di Piala Tiger 2000 dan 2002.

Pada Piala Tiger 2000, Timnas Indonesia berduel dua kali lawan Thailand. Saat bertemu di babak penyisihan, Indonesia kalah telak  1-4. Namun, Timnas Indonesia tetap lolos ke semifinal lantaran menjadi runner up, unggul atas Myanmar dan Filipina.

2 dari 2 halaman

2

Indonesia kemudian menang 3-2 atas Vietnam di semifinal dan pda laga final kembali menantang Thailand yang unggul 2-0 atas Malaysia pada babak semifinal.

Saat itulah, menurut Imran, ada pemain Timnas Indonesia yang mengeluh karena harus kembali berduel lawan Thailand.

"Ada pemain yang bilang: Waduh, kita ketemu Thailand lagi," kenang Imran.

Hasilnya, pada babak final yang kala itu masih mempertandingkan satu kali laga, Indonesia kembali kalah dengan skor identik yang terjadi di penyisihan, yaitu 1-4. Gawang Hendro Kartiko kala itu diberondong hattrick Worawoot Srimaka dan Tanongsak Prajakkata.

Namun itu adalah cerita masa lalu. Pemain Timnas Indonesia sekarang bisa membuktikan bahwa Thailand bukanlah lawan yang tak bisa dikalahkan dan layak ditakuti.

Pada laga pertama babak penyisihan Grup A Piala AFF 2016, Indonesia kalah 2-4 dari Thailand. Kekalahan tersebut kemudian dibalas pada laga final leg pertama di Stadion Pakansari, Kab. Bogor, Rabu (14/12/2016). Timnas Indonesia yang bermain dengan gagah berani menang 2-1 atas Thailand meski sempat tertinggal lebih dulu di babak pertama.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia memiliki modal penting saat dijamu Thailand. Pada leg kedua Piala AFF 2016 yang dimainkan di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016), Timnas Indonesia hanya butuh hasil seri buat meraih gelar Piala AFF 2016 untuk kali pertama.

Video Populer

Foto Populer