Sukses


Robert Alberts Menilai Wajar PSM Gagal Kalahkan Barito Putera

Bola.com, Makassar - PSM Makassar gagal mempertahankan rekor kemenangan kandang di Liga 1. Pada pekan ke-15, Juku Eja ditahan dengan skor 1-1 oleh Barito Putera di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Selasa (18/7/2017).

Namun, Robert Alberts, pelatih PSM, menilai kegagalan itu sebagai hal yang wajar. "Kami sudah bekerja keras untuk memetik poin penuh di Makassar. Tapi, tak mudah buat sebuah klub mengalahkan lawan tanpa lima pemain starter. Barcelona atau Manchester United pun akan kesulitan bila mengalami kondisi yang sama," ujar Robert pada jumpa media seusai pertandingan.

Lima pemain PSM yang absen itu adalah Hamka Hamzah (sanksi dua partai dilarang tampil), Steven Paulle (cedera), Rizky Pellu, Wiljan Pluim, dan Reva Adi Utama (akumulasi kartu kuning).

"Problem terbesar kami adalah kehilangan dua bek sentral (Hamka-Paulle) dan satu pengatur serangan (Pluim)," ungkap mantan pelatih Arema Indonesia ini.

Robert memberi apresiasi kepada pemain pelapis yang tampil penuh determinasi sepanjang pertandingan. "Para pemain sudah tampil sesuai strategi yang saya inginkan. Kami hanya membuat satu kesalahan fatal yang berhasil dimanfaatkan lawan jadi gol," jelas Robert.

Dia merujuk keputusannya memainkan Ferdinand Sinaga sebagai ujung tombak menggantikan peran Reinaldo da Costa yang diplot mengisi posisi Wiljan Pluim.

"Buktinya, Ferdinand bisa cetak gol. Meski tidak sebaik Pluim, Reinaldo sudah berusaha keras untuk terus bergerak dan mengalirkan bola," papar Roberts.

Bagi Robert, hasil imbang ini membuat PSM harus bekerja lebih keras lagi. "Semua tim papan atas di Liga 1 sudah pernah kehilangan poin di kandang. Kami harus fokus pada setiap partai, terutama bila bermain tandang," kata Robert.

PSM memang wajib waspada karena dua partai berikutnya, Juku Eja harus bertandang ke Bali United (23/7/2017) dan Madura United (29/7/2017). "Kami butuh motivasi dan skuat yang lebih baik untuk mendapat poin di Bali dan Madura," tegas Roberts.

 

Video Populer

Foto Populer