Sukses


Lolos Verifikasi AFC, Persib Emoh Pikirkan Tampil di Level Asia

Bola.com, Bandung - Persib Bandung resmi mendapatkan lisensi sebagai klub profesional berstandar AFC dari Komite Lisensi Klub PSSI. Media officer Persib Bandung, Irfan Suryadiredja, mengungkapkan dalam surat keputusan bernomor 004/CLC004/CLC- PSSI/X/2017 tertanggal 25 Oktober 2017 tertulis Persib berhak mendapatkan lisensi tersebut karena dinyatakan lolos dalam 33 kriteria A yang meliputi aspek sporting, infrastructure, personnel & administration, legal, dan financial.

Selain itu, Persib juga dinyatakan lolos untuk delapan kriteria B yang meliputi grasroot programmes, educational programmes hingga duty to update future financial information.

Dengan lisensi ini, Persib sudah lolos dalam persyaratan keikutsertaan klub di kompetisi klub yang diselenggarakan AFC.

"Tapi, kami tak mau berandai-andai soal ikut atau tidaknya Persib ke turnamen level Asia yang diselenggarakan AFC, Liga Champions Asia atau Piala AFC, karena kami masih berada di posisi ke-12, masih jauh. Mungkin tim di atasnya yang berhak," ujar Irfan kepada Bola.com.

Indonesia pada 2018 mendapatkan jatah satu klub untuk tampil di babak play-off Liga Champions Asia dan dua jatah langsung tampil di Piala AFC.

Dalam aturan AFC, AFC akan melihat posisi klub yang berada pada peringkat satu sampai sembilan dari hasil kompetisi masing-masing negara. Posisi teratas akan menjadi prioritas dengan syarat harus memenuhi lisensi AFC.

Artinya, jika klub juara liga tidak memiliki lisensi AFC, jatah play-off Liga Champions Asia akan diberikan kepada klub yang berada di peringkat berikutnya, yang telah memiliki lisensi AFC.

Demikian juga untuk penetapan jatah tiket Piala AFC. "Kami lihat dulu aja hasil akhir kompetisi seperti apa. Kami menunggu saja," kata Irfan.

 

Video Populer

Foto Populer