Sukses


Misi Setengah Mustahil Persipura Jadi Jawara Liga 1

Bola.com, Jakarta - Berstatus juara Torabika Soccer Championship 2016, Persipura Jayapura memulai Liga 1 2017 dengan langkah gontai.

Pergantian pelatih dari sosok Alfredo Vera ke tangan Liestiadi berpengaruh pada keseimbangan permainan Tim Mutiara Hitam. Pemain, seperti diklaim bek senior Persipura, Ricardo Salampessy, tidak cocok dengan style yang diusung Liestiadi.

"Perubahan yang ia bawa membuat para pemain tidak nyaman. Kenyamanan jadi kekuatan utama Persipura menjuarai lima kali kompetisi kasta elite (2005, 2008-2009, 2010-2011, 2013, dan 2016). Asal pemain senang, prestasi akan datang dengan sendirinya," ujar Ricardo.

Liestiadi akhirnya dipecat seusai kekalahan memalukan dari PSM Makassar (1-5). Ia kemudian digantikan arsitek asal Brasil, Wanderley Junior. Di tangan sang mentor, grafik permainan Persipura terlihat menanjak.

Persipura memasuki putaran kedua mulai stabil meramaikan jajaran papan atas. "Cuma karena terlambat start, pekerjaan kami lebih berat mengejar keunggulan tim-tim papan atas lainnya," imbuh Ricardo.

Stabilitas jadi kelemahan Persipura musim ini. Memasuki akhir musim grafik penampilan mereka kembali turun naik.

Sempat mengantongi dua kemenangan besar di laga pekan ke 29 dan 30 atas Mitra Kukar (5-0) dan Persija Jakarta (3-0), secara tak terduga Boaz Solossa dkk. tumbang dari tim papan bawah, Perseru Serui, dengan skor 1-2.

Kekalahan ini membuat Persipura terlempar dari persaingan tiga besar. Mengoleksi 56 poin dari 31 pertandingan, Marinus Wanewar cs. tertinggal lima poin dari PSM Makassar yang ada di posisi nomor satu.

Menyisakan tiga pertandingan lagi, Persipura Jayapura tidak punya banyak kesempatan untuk merapatkan jarak dengan pesaing utamanya itu. Walau, memang mereka hanya menghadapi tiga tim yang tidak mempertaruhkan nasib apa-apa lagi.

Pertandingan Sisa Persipura:

Minggu (29/10/2017): Persipura Jayapura Vs Arema FC

Sabtu (4/11/2017): PS TNI Vs Persipura Jayapura

Minggu (12/11/2017): Persipura Jayapura Vs Sriwijaya FC

Simak analisis Bola.com tentang empat klub yang bersaing dalam perburuan gelar juara di Liga 1 2017 di sini.

 

Video Populer

Foto Populer