Sukses


Liga 3: Blitar United Jadi Tumpuan Asa Kediri Raya

Bola.com, Jepara - Kawasan Kediri Raya tidak lagi memiliki wakil yang berkiprah di Liga 2 musim 2018. Hal ini menyusul terdegradasinya Persik Kediri, PSBK Blitar Kota, dan PSBI Kabupaten Blitar pada pentas Liga 2 2017.

Namun, kini harapan besar sedang digantungkan pada Blitar United (BU) yang berjuang pada putaran nasional Liga 3 2017 di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Jawa Tengah.

Klub amatir yang didanai APBD Kota Blitar ini tergabung di Grup H bersama Persis Gotong Royong, Bangka Selection, dan Persimura Musi Rawas. Anak asuh Gatot Mulbajadi ini akan mengawali pertandingan melawan Persimura yang lolos lewat babak play-off, Senin (4/12/2017).

"Setelah wilayah Kediri Raya kehilangan wakil di Liga 2, kami punya motivasi besar lolos dari Liga 3 ini. Tapi, perjuangan ke arah itu masih panjang. Kami harus manfaatkan tiap pertandingan untuk menggapai cita-cita itu," tutur Yudi Meira, Manajer Blitar United.

Jika berkaca dari pengalaman dan prestasi Blitar United musim lalu, klub ini mampu menembus peringkat tiga besar nasional. Artinya, peluang untuk mengulang keberhasilan cukup terbuka.

"Jika musim lalu kompetisi Liga 3 jadi agenda resmi, seharusnya tahun ini Blitar United sudah tampil di Liga 2. Kami bertekad bisa mengulang prestasi itu, sekaligus meraih tiket promosi ke Liga 2 2018," ujar Yudi.

Dari aturan yang diterapkan PSSI untuk kontestan Liga 3 2017, hanya tiga tim yang berhak naik kasta ke Liga 2 2018.

"Perjuangan kali lebih berat dibanding musim lalu karena aturan kompetisi sudah resmi. Semua tim pasti berusaha keras bisa promosi. Sementara tahun lalu hanya seperti turnamen, karena saat itu PSSI masih dalam tahap transisi," imbuh Yudi yang juga Ketua Askot PSSI Kota Blitar ini.

Blitar United mengantongi modal berharga sebelum mengarungi pesta Liga 3 2017, yakni jadi juara Liga 3 Zona Jatim. Selain Blitar United, Jawa Timur diwakili Persibo Bojonegoro, Deltras Sidoarjo, dan Persekabpas Pasuruan.

Video Populer

Foto Populer