Sukses


Fans PSM Menyambut Musim Baru dengan Membuka Distro

Bola.com, Makassar - Penampilan apik PSM Makassar di Liga 1 2017 membuat sepak bola di Kota Daeng kembali bergairah. Hampir di setiap partai kandang PSM, fans Juku Eja selalu memadati Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar.

Atmosfer positif ini disambut sejumlah pentolan The Maczman, kelompok suporter terbesar PSM, dengan mendirikan distro yang menyediakan merchandise atau pernik-pernik yang berkaitan dengan Juku Eja seperti kaos, jaket, syal, dan lain-lain.

Pada 2 November 2017, bertepatan dengan ulang tahun ke-102 PSM, pentolan The Maczman, Fandy Sudirman, mendirikan distro bernama All About PSM di kawasan utara Makassar.

"Alhamdulillah, sejak pertama kali membuka sampai saat ini, omzet kami selalu meningkat," ujar Fandy kepada Bola.com.

Menurut Fandy, modal awal pendirian distro berasal dari tabungan pribadi. "Merchandise atau pernak-pernik PSM yang kami jual ada yang dibuat sendiri. Ada juga dari mitra kami di Bandung dan Jakarta," jelas Fandy.

Pelanggan distro All About PSM bukan hanya dari kalangan fans fanatik PSM atau umum tetapi juga pemain PSM.

Hal senada dikatakan Ichal, jenderal lapangan The Maczman, yang mendirikan distro serupa di kawasan selatan Makassar dengan nama Supersubs. Rencananya, distro miliknya itu akan dibuka pada 1 Januari 2018.

"Sejalan dengan penampilan PSM yang mulai membaik, saya yakin minat pelanggan terhadap semua hal yang terkait PSM juga meningkat," papar Ichal.

Fenomena pendirian distro ini disambut positif Andi Coklat, eks jenderal lapangan The Maczman. "Selain menyalurkan bakat entrepreneurship, pendirian distro ini juga merupakan wujud kecintaan mereka terhadap PSM," tutur Coklat yang juga dosen pada sejumlah perguruan tinggi di Sulawesi Selatan ini.

 

Video Populer

Foto Populer