Sukses


Vennard Hutabarat Tanggapi Komentar perihal Kelemahan Timnas Futsal Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi, mengutarakan pendapat mengenai kondisi pemain futsal Indonesia yang masih lemah dalam teknik dasar. 

Sudah satu pekan lebih pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi, ditunjuk Federasi Futsal Indonesia. Pelatih asal Jepang itu dipekerjakan FFI untuk menangani 3 Timnas Futsal Indonesia, yaitu tim putra, putri, dan putra U-20.

Meski baru mengamati langsung Timnas Futsal Indonesia putri melakukan pemusatan latihan di Purwokerto dan memantau pemain putra di Pro Futsal League di Surabaya pada 7 dan 8 April 2018, Kensuke Takahashi berpendapat satu kekurangan pemain futsal Indonesia terletak di pemahaman teknik dasar.

Pendapat itu juga diakui mantan kapten Timnas Futsal Indonesia yang berhasil menjuarai Piala AFF Futsal 2010, Vennard Hutabarat. Vennard mengakui kelemahan teknik dasar pemain futsal Indonesia kerap menjadi masalah bagi pemain.

"Saya setuju dengan pendapat Kensuke karena bicara tim liga pro saja, kadang yang namanya teknik dasar dikesampingkan. Klub profesional itu kerap langsung berlatih ke arah strategi permainan dan fisik sehingga melupakan latihan teknik dasar. Latihan teknik dasar adalah hal yang mudah, tapi justru kelemahan itu yang membuat pemain jadi kerap melakukan kesalahan individu," ujar Vennard.

Namun, Vennard Hutabarat berharap Kensuke Takahashi tak harus memusingkan permasalahan tersebut. 

"Kensuke mengatakan masalah ada di teknik dasar, tapi menurut saya ia juga tidak akan punya waktu untuk memperbaiki hal tersebut hingga sempurna. Teknik dasar memang harusnya tak menjadi perhatian besar, tetapi lebih ke visi bermain dan mentalitas individu pemain. Dengan tugas Kensuke menangani tiga tim, akan sulit baginya untuk memberikan pengaruh yang signifikan," tuturnya.

Kensuke lebih dulu fokus mempersiapkan Timnas Futsal Indonesia putri lebih dulu yang akan bertanding di Kejuaraan Futsal AFC Wanita di Bangkok, Thailand pada 2 hingga 12 Mei.

Setelah itu, Kejuaraan AFF Futsal 2018 akan menanti Kensuke Takahashi bersama Timnas Futsal Indonesia putra pada 5 hingga 11 November 2018. Sementara Kualifikasi Kejuaraan Futsal AFC Wanita 2019 akan digelar pada November 2018 sebelum Kualifikasi Kejuaraan Futsal AFC U-20 2019 pada Desember 2018. 

Video Populer

Foto Populer