Sukses


Piala Indonesia Akan Menjadi Berkah bagi Klub Liga 3

Bola.com, Jakarta - Piala Indonesia yang rencananya digelar pada tahun ini akan menjadi berkah bagi Klub Liga 3. Pasalnya, klub Liga 3 yang berstatus amatir akan melawan klub Liga 1. Hal itu berpotensi mendatangkan minat masyarakat untuk datang langsung ke stadion.

PSSI berencana mewujudkan kemungkinan klub Liga 1 bertandang ke markas klub Liga 3 di Piala Indonesia karena akan ada klub kasta tertinggi yang juga diplot memulai kompetisi sejak awal.

"Klub Liga 1 akan tetap dari awal kompetisi. Konsep ini penting dari sisi struktur. FIFA memiliki Piala Dunia, AFC memiliki Piala Asia, dan kita memiliki Piala Indonesia. Jadi ini sebuah warisan yang harus dipertahankan, rawat dengan mempertemukan seluruh strata kompetisi meski belum seluruh tim menjadi anggota PSSI," ujar Joko Driyono setelah diskusi sepak bola PSSI Pers, Kamis (12/4/2018).

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru akan memanggil peserta untuk melakukan managers meeting kompetisi kasta kedua itu pada 16 dan 17 April 2018. Setelah itu, PSSI baru akan mulai melakukan sosialisasi Piala Indonesia pada 18 atau 19 April. Piala Indonesia rencananya akan diikuti oleh 128 peserta dari Liga 1 hingga Liga 3.

"Kehadiran klub-klub Liga 1 di babak awal dengan format yang dirancang sedemikian rupa akan mempertemukan klub Liga 1 dan Liga 3, misalnya Persibo Bojonegoro, Deltras Sidoarjo, atau klub Liga 3 lainnya akan menjamu tim Liga 1. Jadi itu tentu akan menjadi berkah dan sensasi bagi penikmat sepak bola di Indonesia dan menjadi warna baru di Piala Indonesia," lanjutnya.

Namun, Joko menegaskan tak semua klub Liga 3 akan mendapatkan kesempatan itu. Standarisasi stadion akan menjadi salah satu pertimbangan.

"Tim di divisi yang lebih bawah sebagai tuan rumah di Piala Indonesia. Jadi bermain di kandang tim Liga 3. Namun, tentu dengan catatan stadion harus memenuhi syarat," tegas Plt Ketum PSSI itu.

 

Video Populer

Foto Populer