Sukses


32 Tim Bertarung pada Liga Ramadan Makassar 2018

Bola.com, Makassar - Turnamen tahunan Liga Ramadan 2018 kembali berlangsung di Lapangan Hasanuddin, Makassar 1 Mei-10 Juni. Sebanyak 32 tim memastikan berpartisipasi pada turnamen yang sudah digelar pada 2003.

"Seperti Liga Ramadhan sebelumnya, tidak ada pembatasan status pemain. Termasuk pemain asing," ujar Herman Rante, ketua panitia pada jumpa media di Makassar, Senin (23/4/2018).

Herman mengungkapkan, klub peserta musim ini lebih banyak menggunakan pemain muda. "Banyak klub yang memakai pemain dari tim Porda. Ada juga klub Liga 3 yang ikut seperti Bank Sulselbar," papar Herman, mantan bek PSM Makassar era-90 an.

Meski didominasi pemain muda, Herman menjamin persaingan antarklub tetap sengit. "Gema Liga Ramadhan sudah level nasional. Maka dari itu, klub peserta sangat serius mempersiapkan diri. Sejumlah perusahaan pun antre jadi sponsor turnamen," tutur Herman.

Seperti Liga Ramadan sebelumnya, aturan yang diterapkan terbilang unik. Setiap klub tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman saat bertanding.

Liga Ramadan termasuk turnamen antarkampung paling ditunggu pecinta sepakbola nasional, khususnya di Makassar. Selain lokasi penyelenggaraan yang terletak di tengah kota Makassar, hampir semua pemain terbaik di Liga Indonesia pernah bermain di Liga Ramadhan.

Pemain lokal Evan Dimas, Zulham Zamrun, Asri Akbar, Titus Bonai, Manahati Lestusen, Paulo Sitanggang, Diego Michel sampai Hamka Hamzah pernah tampil di Liga Ramadan. Begitu pun pemain asing seperti Ilija Spasojevic dan Fabiano Beltrame.

Video Populer

Foto Populer