Sukses


Kiper Timnas Filipina Bakal Jadi Pemain ASEAN Pertama yang Tampil di EPL

Bola.com, Manila - Timnas Filipina belum berhenti mengukir prestasi. Terbaru, kiper Timnas Filipina, Neil Etheridge, bakal jadi pemain Asia Tenggara pertama yang berkiprah di kompetisi elite, Premier League.

Prestasi itu belum genap dua bulan setelah Timnas Filipina memastikan tampil di putaran final Piala Asia 2019 untuk kali pertama sepanjang sejarah sepak bola mereka dan Timnas Filipina Putri hampir saja tampil di Piala Dunia Wanita 2019 jika tak kalah dari Korea Selatan dalam perebutan posisi kelima di Piala Asia Wanita 2018.

 

Nama Neil Etheride sudah tak asing di sepak bola ASEAN. Meski tak berkiprah di kompetisi sepak bola ASEAN bahkan Asia, namanya ajek jadi langganan setiap pelatih Timnas Filipina. Ia memperkuat The Azkals sejak 2008. 

Kiper 28 tahun ini belakangan memang jarang tampil di turnamen skala ASEAN karena kerap tak mendapatkan izin dari klubnya, baik Charlton Athletic, Walsall, dan terkini, Cardiff City. Ia hanya sesekali gabung dengan The Azkals jika pertandingan digelar sesuai matchday FIFA.

Namun, pencinta sepak bola Indonesia mungkin mengenalnya karena ia pernah tampil di Piala AFF 2010. Ia bermain cukup apik di depan puluhan ribu suporter Tim Merah-Putih ketika Timnas Filipina melawan Indonesia di semifinal Piala AFF 2010.

Neil Etheridge memperkuat Cardiff City di Championship sejak musim 2017. Ia pada awalnya direkrut untuk menggantikan kiper utama, Lee Camp, yang mengalami cedera.

 

2 dari 2 halaman

Cardiff City Promosi

Namun, setelah sembuh dari cedera Camp justru dipinjamkan Cardiff ke Sunderland menyusul performa apik yang diperlihatkan Neil Etheridge.

Kiper yang memiliki ibu warga Filipina ini tampil dalam 45 dari 46 pertandingan Cardiff sepanjang musim ini dengan menit bermain 4050. Ia berhasil mencatatkan 19 kali cleansheet dan kebobolan 37 gol.

Pada Minggu (6/5/2018), Cardiff City memastikan promosi ke EPL 2018-2019 setelah menduduki peringkat kedua klasemen akhir Championship 2017-2018. Hanya dua tim yang berhak promosi, selain Cardiff, ada Wolverhampton Wanderers, yang menjadi juara Championship.

Sebenarnya, Neil Etheridge, yang lahir dan besar di Inggris ini, bisa tampil di Premier League ketika membela Fulham pada 2008-2014. Namun, ia sama sekali tak dimainkan selama kurun waktu tersebut hingga akhirnya dilepas Fulham pada akhir musim 2013-2014.

Di sisi lain, belum bisa dipastikan apakah Neil Ethridge akan berada di bawah mistar gawang Timnas Filipina ketika menjalani penyisihan Grup B Piala AFF 2018 mengingat Piala AFF digelar kerap di luar kalender FIFA.

Highlights Pertandingan Terakhir Babak Grup Piala Menpora 2021

Video Populer

Foto Populer