Sukses


Melihat Hubungan Unik Suporter Madura United dengan Bonek Mania

Bola.com, Bangkalan - K-Conk Mania menyambut dengan antusias laga Madura United melawan Persebaya Surabaya. Laga bertajuk Derbi Suramadu dalam pekan ke-10 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak itu akan berlangsung di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jumat malam (25/5/2018).

Sudah bukan rahasia lagi, suporter Suporter Madura Bersatu (SMB) menjalin persaudaraan dengan Bonek (suporter Persebaya). Terutama K-Conk Mania, satu di antara empat elemen SMB, yang dikenal sangat dekat dengan Bonek.

"K-Conk itu kebanyakan ya Bonek juga. Jangan heran kalau di pertandingan nanti banyak anggota K-Conk yang memakai atribut Bonek atau Persebaya. Dirijen K-Conk seperti Mimit, Rifki, dan Faisol, itu semua Bonek," kata Taufik Syahrawi, Koordinator Humas K-Conk Mania, kepada Bola.com.

Persaudaraan yang terjalin antara K-Conk dan Bonek dilatarbelakangi kedekatan geografis. Kebetulan, Bangkalan yang menjadi basis K-Conk dan merupakan kabupaten paling barat di Pulau Madura, sangat dekat dengan Surabaya.

Maka, tak heran bila spanduk dengan logo Persebaya juga kerap menghiasi pertandingan Madura United, meski Persebaya tidak bertanding. Identitas sebagai suporter dari dua klub di Liga 1 tampaknya masih kental.

Di pertandingan tersebut, tampaknya warna hijau yang merupakan warna kebesaran Persebaya akan mendominasi stadion. Pasalnya, jumlah Bonek di Pamekasan juga tidak sedikit.

Hal itu sudah terlihat saat Persebaya melakoni pertandingan melawan Persepam MU di stadion yang sama pada Liga 2 musim lalu. Tribune di stadion didominasi warna hijau dengan beberapa warna merah-putih khas Madura.

"Selama ini, K-Conk juga koordinasi terus dengan teman-teman Bonek di Surabaya. Di Pamekasan pun kami juga punya distrik K-Conk Mania. Laga ini memang momen untuk mempererat persaudaraan karena kedua tim tidak ada rival sama sekali," imbuh pria yang akrab disapa Mamad itu.

Pertemuan mereka di stadion sudah dibuktikan saat kedua tim berjumpa di fase grup Piala Presiden 2018. Dengan dihadiri oleh 50 ribu lebih penonton, laga berlangsung tertib dan kelompok suporter Madura United-Persebaya berbalas nyanyian dengan damai.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer