Sukses


Prediksi Barito Putera Vs Sriwijaya FC: Memanfaatkan Kesempatan Emas

Bola.com, Banjarmasin - Memiliki keunggulan sebagai tuan rumah dan sejumlah faktor lain disebut pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago, bukan menjadi keuntungan buat tim asuhannya saat menjamu Sriwijaya FC (SFC) di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, pada pekan ke-13 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, Jumat malam (8/6/2018).

Apalagi jelang laga ini, Laskar Antasari dianggap Jacksen tidak punya waktu yang cukup banyak untuk melakukan pemulihan stamina.

"Persiapan kami praktis hanya empat hari, termasuk juga perjalanan yang melelahkan dari Yogyakarta. Karena itu, melawan SFC salah satu fokus utama kami adalah recovery," kata pelatih asal Brasil ini.

Jacksen menegaskan dirinya juga tidak mau terperangkap dengan pemberitaan di media terkait kondisi tim lawan.

"Saya tidak bisa bicara banyak mengenai SFC karena memang bukan ranahnya, namun saya tidak melihat adanya masalah di tim mereka. Sekarang sudah hadir di Banjarmasin, jadi saya selalu ingatkan agar mereka tidak terjebak pemberitaan di media. Bagi saya itu hanya angin lalu, bisa jadi itu malah bagian dari strategi sehingga lebih baik fokus ke tim sendiri," tegasnya.

Seperti diketahui, Laskar Wong Kito sempat digoyang aksi mogok latihan oleh pemain selama dua hari sebagai imbas penunggakan gaji. Keberangkatan mereka ke Banjarmasin pun sempat terancam.

Jacksen berharap Paolo Sitanggang dkk. dapat memanfaatkan kesempatan emas bertemu tim yang diakuinya dihuni banyak pemain berkualitas ini.

"Di awal musim SFC sudah disebut sebagai calon juara, di beberapa turnamen pemanasan mereka juga mendapat prestasi yang cukup baik. Kami harus terus menjaga momentum mengamankan keunggulan sebelum libur," tuturnya.

Jika mampu mengalahkan Laskar Wong Kito, Barito Putera bisa kembali ke puncak klasemen sementara Liga 1 2018, yang untuk saat ini diduduki PSM Makassar. Tim Juku Eja unggul satu poin saja dari Laskar Antasari.

 

2 dari 3 halaman

Persiapan Tak Ideal

Tugas berat sejatinya lebih menanti pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, dalam pertandingan ini.

Tidak hanya harus menghadapi tuan rumah yang saat ini berada di papan atas, pelatih yang biasa disapa RD itu juga harus menyiapkan tim dengan persiapan yang tidak ideal.

Di sisi lain, RD mengaku tidak terlalu kaget dengan prestasi Barito Putera yang melesat saat ini. Ia menilai Barito memang tim yang didesain dan dirancang dengan sangat matang.

Duel PS Tira vs Barito Putera di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (4/6/2018). (Bola.com/Ronald Seger Prabowo)

Barito dianggap solid dan tidak banyak melakukan perubahan dalam hal materi pemain. "Saya mengikuti mereka sejak musim lalu ketika membangun skuat dan menjalankan semua program dengan bertahap," puji RD.

Ia mencontohkan bagaimana pada pekan lalu, absennya Douglas Packer tidak terlalu berpengaruh dan mampu digantikan pemain lain dengan baik.

"Mungkin hasilnya tidak terlalu baik, namun secara permainan, Barito tidak berubah dan Gavin Kwan Adsit yang menggantikan Douglas Packer, bermain bagus. Saya pikir posisi di klasemen sudah menunjukkan bagaimana kualitas mereka, bisa mencuri poin di Banjarmasin bukan sesuatu yang buruk," tambahnya.

Pelatih asal Lampung ini berharap anak asuhnya dapat menikmati sepanjang pertandingan melawan Barito Putera nanti.

"Pemain harus menikmati jalannya laga dan terus fokus serta disiplin. Dari sisi menit latihan, kami memang kurang oke, karena itu saya tidak akan melakukan banyak perubahan. Yang jelas, kami harus mendapatkan poin agar jarak poin di klasemen tidak terlalu jauh," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Prakiraan Susunan Pemain

Barito Putera (4-2-3-1): Dian Agus Prasetyo (kiper); Nazar, Arthur Evans, Hansamu Yamma, Roni Beroperay (belakang); Paolo Sitanggang, Mathias Cordoba, Rizky Pora, Gavin Kwan, Douglas Packer (tengah); Samsul Arif (depan)

Pelatih: Jacksen Tiago

Sriwijaya FC (4-3-3): Teja PA (kiper); Marco Meraudje, Mohamadou Ndiaye, Hamka Hamzah, Novan Sasongko (belakang); Yu Hyun-koo, Makan Konate, Adam Alis (tengah); Esteban Viscarra, Manucechr Dzalilov, Alberto Goncalves (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Video Populer

Foto Populer