Sukses


Piala AFF U-19: Hadapi Vietnam, Manajer Timnas Berharap Pemain Tak Terlena

Jakarta - Timnas Indonesia U-19 masih memimpin klasemen Grup Piala AFF U-19 2018. Di bawah asuhan Indra Sjafri, Witan Sulaeman dan kawan-kawan selalu menang dalam tiga pertandingan secara beruntun.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-19 kini berada di puncak klasemen dengan 9 poin atau unggul 2 poin atas Thailand yang menempati peringkat kedua. Sementara itu, urutan ketiga ditempati oleh Vietnam juga dengan koleksi 7 poin--kalah selisih gol dari Thailand. 

Timnas Indonesia U-19 selanjutnya akan bertemu Vietnam di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (7/7/2018). Kemenangan bakal mengantar tim tuan rumah ke babak semifinal.  

Manajer Timnas Indonesia U-19, Daconi Khotob, optimistis, Saddil Ramdani dan kawan-kawan mampu melewati adangan Vietnam. Apalagi, pasukan Indra Sjafri menunjukkan mental bertanding yang lebih baik saat bertemu timnas Filipina, Kami (5/7/2018). 

Dalam duel ini, Indonesia sempat tertinggal 0-1 tapi mampu bangkit dan berbalik unggul 4-1. "Kami semua menyaksikan, hanya dalam waktu sebelas menit, empat gol berhasil tercipta. Tanpa mental juara, hal itu tidak mungkin terjadi," kata Daconi dalam rilisnya usai laga. 

Menurut pria yang saat ini menjabat sebagai Direktur Produksi & Pengembangan Semen Baturaja (SMBR), salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) produsen semen di Sumatera Selatan, ada empat hal yang perlu diperhatikan untuk pertandingan yang akan digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (7 /7/2018) malam.

Pertama, yakni tidak menganggap enteng Vietnam. Sementara faktor kedua adalah mental bertanding para pemain yang harus tetap dijaga. Selain itu, Daconi meminta agar strategi menyerang lebih diperhatikan. Menurut mantan CEO Semen Padang FC tersebut, karena kekuatan kedua tim seimbang, maka serangan Garuda Nusantara harus lebih tajam dan agresif.

Sementara itu, faktor yang tak kalah pentingnya menurut Dacon adalah dukungan beserta doa dari pecinta sepak bola di Tanah Air. Menurutnya, keduanya jadi penyemangat para pemain di lapangan. "Hal itu terbukti pada pertandingan terakhir melawan Filipina,” katanya.

 

 

2 dari 3 halaman

Suasana Kondusif

Daconi menambahkan, suasana di timnas Indonesia U-19 juga terbilang kondusif. Bahkan saat para pemain tertinggal sekalipun. Seperti ketiga bertemu Filipina kemarin, Daconi melihat suasana ruang ganti yang tidak saling menyalahkan saat tim tertinggal 0-1.   

"Kami justru mengevaluasi dan melakukan kritik otokritik, hasilnya tercermin pada hasil akhir pertandingan di babak kedua,” ujar Dacon. 

3 dari 3 halaman

Jadwal Piala AFF U-19

Jumat, 6 Juli

15.30 WIB, Malaysia vs Brunei

19.00 WIB, Myanmar vs Kamboja

Sabtu, 7 Juli 2018

15.30 WIB, Singapura vs Laos

15.30 WIB, Filipina vs Thailand

19.00 WIB, Indonesia vs Vietnam

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

Video Populer

Foto Populer