Sukses


Prediksi Mitra Kukar Vs PSM: Tuan Rumah Ingin Pelampiasan

Bola.com, Jakarta - Mitra Kukar berhasrat meraih poin penuh saat menjamu PSM Makassar pada pekan ke-24 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Minggu (7/10/2018). Ada dua hal yang membuat tim berjulukan Naga Mekes itu wajib mendapat poin.

Pertama, kemenangan akan mendongkrak posisi Mitra Kukar menjauhi zona papan bawah karena poin mereka saat ini (29) hanya berjarak empat poin saja dari PS Tira di zona degradasi. Kedua, poin absolut juga mengobati luka setelah di laga sebelumnya dihajar Persebaya Surabaya 1-4 (22/9/2018).

"Kami harus menang melawan PSM untuk mengganti poin yang hilang saat melawan Persebaya. Seluruh pemain akan bekerja keras dan mudah-mudahan bisa memaksimalkan laga kandang," kata winger Mitra Kukar, Septian David Maulana.

Pelatih Mitra Kukar, Rahmad Darmawan, menyebut tak akan banyak perubahan dalam skema maupun pola permainan yang sudah berjalan di laga-laga sebelumnya. Hanya, problem yang dihadapinya adalah masalah menjaga ritme bertanding. Maklum, kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu sempat terhenti dua pekan.

"Game plan akan seperti biasanya yang sudah kami rancang. Namun, persoalan sekarang adalah menjaga motivasi bermain pemain. Sejauh ini tidak ada masalah dalam latihan, tinggal bagaimana nanti mengimplementasikan dalam pertandingan," katanya.

Menjamu tim Juku Eja, Mitra Kukar tak akan diperkuat sang kapten, Bayu Pradana, yang menjalani hukuman akumulasi kartu kuning. Posisi Bayu kemungkinan akan diisi Anindito Wahyu Erminarno yang berduet dengan Danny Guthrie di lini tengah tim kebanggaan masyarakat Tenggarong.

"Kami sudah simulasikan apa yang harus dilakukan nanti, termasuk tanpa Bayu. Semua sudah kami rancang untuk menghadapi pemain PSM yang kami rasa memiliki kualitas inidividu yang bagus," tutur mantan pelatih Sriwijaya FC itu.

2 dari 3 halaman

Waspada Fernando Rodriguez

Sementara pelatih PSM Makassar, Robert Alberts, tanpa sungkan mewaspadai aksi striker tuan rumah, Fernando Rodriquez, yang sudah mengemas 15 gol buat Mitra Kukar. "Dia striker istimewa. Saya sudah siapkan cara untuk meredamnya," ujar Robert.

PSM memang harus fokus menjaga pergerakan mantan bomber Sevilla itu. Apalagi pada pertandingan ini, Juku Eja tak diperkuat Abdul Rahman, duet sehati Steven Paulle di sentral pertahanan. Rahman absen karena memenuhi panggilan Timnas Indonesia proyeksi Piala AFF 2018.

Robert punya dua opsi pemain yang bisa mengganti peran Rahman, yakni Hendra Wijaya dan Ardan Aras. Nama terakhir sudah dicoba dalam simulasi taktik pada latihan reguler di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar.

Sementara absennya Rizky Pellu diyakini tidak berpengaruh besar pada kekuatan lini tengah Juku Eja karena Robert memiliki dua gelandang setara pada diri Rasyid Bakri dan M Arfan.

Begitu pula dengan di sektor depan. Peran Alessandro Ferreira Leonardo yang dipanggil memperkuat Timnas Hong Kong bakal dilakoni Ferdinand Sinaga atau Guy Junior.

Robert optimistis Juku Eja meraih tiga poin di Stadion Aji Imbut. "Kondisi tim sedang membaik. Motivasi pemain pun sangat tinggi untuk mempertahankan posisi PSM di papan atas klasemen," kata Robert.

Hal senada dikatakan Zulkifli Syukur yang kembali dipercaya sebagai bek kanan menyusul cederanya Hasim Kipuw. "Kami datang ke Tenggarong untuk meraih poin penuh. Semua elemen tim punya tekad yang sama untuk mewujudkannya," kata Zulkifli yang pernah menjadi kapten di Mitra Kukar.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Mitra Kukar (3-4-3): Gerri Mandagi (kiper); Bobby Satria, Maruicio Leal, Saepuloh Mulana (belakang); Wiganda Pradika, Danny Guthrie, Anindito Wahyu, Roni Rosadi (tengah); Septian David Maulana, Dedi Hartono, Fernando Rodrigues (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper); Zulkifli Syukur, Ardan Aras, Steven Paulle, Reva Adi Utama (belakang); Wiljan Pluim, Marc Klok, M. Arfan (tengah); M. Rahmat, Ferdinand Sinaga, Heri Sutanto (depan)

Pelatih: Robert Alberts

Video Populer

Foto Populer