Sukses


Prediksi Persebaya Vs Persija: Sajian Rivalitas 2 Kota Besar

Bola.com, Surabaya - Laga panas Persebaya Surabaya melawan Persija Jakarta bakal tersaji pada pekan ke-29 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu sore (4/11/2018).

Laga ini dipastikan menyedot animo banyak Bonek, kelompok suporter Persebaya. Sebab, tiket pertandingan pertandingan ini sudah dinyatakan sold out. Duel panas ini dua klub asal dua kota terbesar ini memang sudah dinanti.

Persebaya dan Persija, klub Liga 1 yang sama-sama memiliki sejarah panjang di Indonesia, masing-masing berdiri pada 1927 dan 1928. Keduanya ada kolektor gelar liga kasta tertinggi di Indonesia sejak era Perserikatan.

Persebaya mengoleksi enam gelar juara Perserikatan, sementara Persija lebih banyak dengan sembilan gelar juara. Itu masih ditambah dengan Persebaya menjuarai Ligina 1996-1997 dan Divisi Utama 2004 sedangkan Persija jadi juara Divisi Utama 2001.

Tetapi, misi berbeda diusung oleh kedua tim pada pertemuan kali ini. Persebaya yang menghuni peringkat ke-12 masih berkutat pada target menjauh dari zona degradasi. Sementara Persija bersaing dalam perburuan gelar juara.

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, menyebut laga ini tidak akan mudah dilewati tim asuhannya. Terlebih beberapa pemain masih dalam kondisi cedera dan absen karena alasan lain.

"Kami akan menghadapi lawan berat di partai kandang melawan Persija. Mereka saat ini ada posisi kedua klasemen sementara. Saya sampaikan, ini pertandingan berat dalam kondisi komposisi pemain kami yang semuanya kurang fit karena cedera," kata pelatih asal Majalengka itu.

"Masih sama seperti sebelumnya, kami dipastikan akan tampil tanpa David da Silva, Raphael Maitimo, Nelson Alom, dan Robertino Pugliara yang cedera. Ditambah lagi Abu Rizal Maulana terkena akumulasi kartu, dan Irfan Jaya ke Timnas Indonesia," imbuhnya.

 

 

2 dari 3 halaman

Modal Konsisten

Persija datang dengan kepercayaan diri tinggi dalam lawatan kali ini. Tim Macan Kemayoran berhasil menang dalam dua laga tandang terakhir, sekaligus selalu menang dalam empat pertandingan terakhir.

"Kami tahu Persija punya hasil positif dalam partai tandang dengan selalu meraih poin penuh di dua laga terakhir. Kualitas individu mereka juga sangat bagus dan harus kami waspadai. Tapi, kami sudah bertekad untuk tidak boleh kalah dan berupaya mengambil tiga poin," ucap mantan pelatih Persib Bandung itu.

Kemenangan sudah menjadi harga mati buat Persebaya. Selain menjaga harga diri di hadapan pendukung sendiri, klub berjulukan Bajul Ijo itu tak ingin terus terpuruk di papan bawah.

Di sisi lain, pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco berharap anak asuhnya bisa menunjukkan penampilan konsisten. Performa gemilang selama bulan lalu harus diteruskan agar tidak menjauh dari persaingan juara.

"Tim kami punya modal konsisten saat ini. Kami tidak berpengaruh, meski ada beberapa pemain absen. Ditambah, persiapan kami oke, kami kerja keras di latihan serta punya konsentrasi di latihan, pasti di pertandingan lebih siap," ujar Teco.

Klub berjulukan Macan Kemayoran ini juga harus tampil tanpa beberapa pilar andalan. Ismed Sofyan dan Rezaldi Hehanusa masih berkutat dengan cedera, sementara Riko Simanjuntak dan Andritany Ardhiyasa bergabung ke Timnas Indonesia.

"Kami sudah beberapa kali bertanding dalam kondisi tim tidak lengkap. Jadi, tidak ada masalah karena kami sudah terbiasa. Dalam tim ini, saya punya 30 pemain yang akan selalu siap," imbuh pelatih asal Brasil itu.

Teco tahu kondisi Persebaya juga tidak bisa tampil dengan kekuatan penuh. Namun, nakhoda tim berusia 44 tahun itu menilai Bajul Ijo tetap memiliki pemain pelapis yang harus diwaspadai.

"Kami tahu David da Silva dan Robertino Pugliara absen. Namun, masih ada pemain Persebaya lainnya juga punya kualitas sama. Yang penting harus menghormati yang ada di dalam lapangan, dan kami harus kerja keras," kata Teco.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); M. Syaifuddin, Andri Muliadi, Fandry Imbiri, Ruben Sanadi (belakang); Misbakus Solikin, Rendi Irwan, Fandi Eko Utomo (tengah); Oktafianus Fernando, Osvaldo Haay, Ricky Kayame (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar (kiper); Rohit Chand, Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Michael Orah (belakang); Sandi Sute, Renan Silva, Asri Akbar (tengah); Osas Saha, Marko Simic, Novri Setiawan (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Video Populer

Foto Populer