Sukses


Prediksi PSM Vs Persipura: Asa Juku Eja di Jalur Juara

Bola.com, Makassar - PSM Makassar masih bertahan di puncak klasemen Gojek Liga 1 bersama Bukalapak dengan koleksi poin 50. Tetapi, posisi mereka rawan digoyang dua pesaing terdekatnya, Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Situasi ini dipahami betul oleh pelatih PSM, Robert Alberts. Itulah mengapa mantan pelatih Arema Indonesia ini lebih fokus menatap duel kontra Persipura Jayapura pada pekan ke-29 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Minggu (4/11/2018).

"Saya sudah tekankan ke pemain, enam laga sisa ibarat final. Jadi, konsentrasi kami harus fokus pada setiap partai," tegas Robert.

Di mata Robert, Persipura adalah tim yang sulit dikalahkan meski peringkat mereka tidak lagi konsisten di papan atas. "Mereka punya pemain senior seperti Boaz Solossa dan Ricardo Salampessy. Keduanya bisa jadi anutan juniornya seperti Rivaldo Todd Ferre," jelas Robert.

Robert menilai Persipura tetap tidak kehilangan kecepatan yang ditunjang oleh fisik prima. Itulah mengapa, Robert sudah mengintruksikan skuatnya agat tidak memberikan ruang buat pemain Persipura berkreasi.

"Kami akan bermain agresif sejak menit awal. Cara ini sangat efektif untuk mengalahkan Persipura," ungkap Robert seraya merujuk kemenangan telak Juku Eja 5-1 atas Persipura di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin pada musim lalu.

Robert memang patut mengingatkan skuatnya agar waspada. Apalagi pada pertandingan nanti, PSM tidak diperkuat Steven Paulle. Padahal, sepanjang musim ini, bek asal Prancis ini jadi duet sejati Abdul Rahman di posisi sentral di lini belakang. Peran Paulle bakal dilakoni Ardan Aras.

 

2 dari 3 halaman

Ambisi Persipura ke Papan Atas

Di lini belakang, Robert juga tetap percaya dengan kemampuan Zulkifki Syukur untuk meredam serangan Persipura dari sisi sayap kiri. Robert mengesampingkan opsi memainkan Asnawi Mangkualam yang tampil baik di Timnas Indonesia U-19 sebagai bek kanan.

"Secara natural, Asnawi lebih pas sebagai gelandang. Saya juga tegaskan level Liga 1 jelas berbeda dengan U-19," kata Robert.

Di lini depan, Robert masih meragukan kebugaran Ferdinand Sinaga. Itulah mengapa pelatih asal Belanda ini lebih mengutamakan Guy Junior sebagai opsi utama sebagai penyerang utama. "Ferdinand sudah ikut latihan, tapi dia mungkin duduk di bangku cadangan dulu," kata Robert.

Sementara itu, Persipura datang ke Makassar dengan kepercayaan diri tinggi seusai menekuk Persebaya Surabaya 3-1 pada pekan ke-28 di Stadion Mandala, Jayapura (30/10/2018).

"Saya tidak melihat kemenangan atas Persebaya sebagai ukuran. Menurut saya, penampilan tim dan pemain sudah menunjukkan perkembangan yang baik," ungkap Osvaldo Lessa, pelatih Persipura.

Pelatih asal Brasil ini melihat ada celah dari PSM yang bisa dimanfaatkan skuatnya. "Kami datang ke Makassar dengan target tiga poin. Kami ingin sapu bersih enam partai sisa dengan kemenangan," tegas Osvaldo.

Menurut Osvaldo, Persipura berambisi kembali ke papan atas seperti musim-musim sebelumnya. "Tempat Persipura adalah di papan atas. Itulah yang ingin kami raih diakhir musim ini," kata Osvaldo.

Osvaldo menambahkan, laga sisa Persipura juga ditujukan untuk bahan evaluasi tim untuk menatap persaingan juara musim depan. "Kami memiliki sejumlah pemain muda yang bisa jadi andalan musim depan. Saat ini, kami memberikan kesempatan yang banyak untuk mereka berkembang," ucap Osvaldo.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Rivi Mokodompit; Zulikifli Syukur, Ardas Aras, Abdul Rahman, Reva Adi Utama (belakang); Wiljan Pluim, Marc Klok, M. Arfan (tengah); M. Rahmat, Guy Junior, Saldy (depan)

Pelatih: Robert Alberts

Persipura Jayapura (4-4-2): Dede Sulaiman (kiper); Yustinus Pae, Marcio Rosario, Ricardo Salampessy, Valentino Telaubun (belakang); Imanuel Wanggai, M. Tahir, Yohanis Tjoe, Ian Kabes (tengah); Addison Alves, Hilton Moreira (depan)

Pelatih: Oswaldo Lessa

Video Populer

Foto Populer