Sukses


Persebaya Vs Persinga: Ujian Pertama Tim Bajul Ijo

Bola.com, Surabaya - Persebaya bakal menghadapi ujian pertama mengarungi musim 2019. Klub berjulukan Bajul Iko itu menjamu Persinga Ngawi dalam babak 32 besar Piala Indonesia 2018 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu sore (16/2/2019).

Pertandingan ini sempat menjadi kontoversi sebelum akhirnya diputuskan digelar. Penyebabnya, leg pertama yang seharusnya menjadikan Persinga sebagai tuan rumah mengalami penundaan sampai empat kali.

Karena tak kunjung digelar, PSSI selaku operator Piala Indonesia 2018 mengambil langkah ekstrem. Khusus duel ini, pertemuan keduanya dihelat dengan single match. Sementara 15 pertandingan babak 32 besar lainnya memainkan dua leg.

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman berungkali meluapkan kekecewaan melihat anak asuhnya terpaksa menunda bertanding. Kali ini, Ruben Sanadi dkk. jelas jauh lebih siap karena sudsh berlatih jauh hari.

"Jujur saja, penundaan yang kemarin sampai empat kali itu mempengaruhi kami karena tim sudah mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari," kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu dalam jumpa pers menjelang pertandingan, Jumat (15/2/2019).

Meski memberikan dampak psikis buat pemain, Persebaya tetap mendapatlan sisi positif dari penundaan laga. Mereka kini justru bisa mendaftarlan sejumlah pemain baru yang didatangkan pada Februari ini.

2 dari 3 halaman

Delapan Pemain Anyar

Terdapat delapan pemain anyar yang sudah disahkan PSSI dan bisa diturunkan. Dua di antaranya adalah pemain impor, yaitu Manuchekhr Jalilov (gelandang/Tajikistan) dan Amido Balde (striker/Guinea-Bissau).

Sedangkan enam sisanya adalah pemain lokal, yaitu Imam Arief Fadillah, Abdul Rohim, Hansamu Yama, Novan Setya Sasongko, Elisa Basna, dan Alwi Slamat.

Laga ini sekaligus menjadi ajang pembuktian bagi para pemain baru itu. "Kami bertekad untuk menang dan meraih tiket ke babak 16 besar sesuai target awal," imbuh Djanur.

Selain menarget babak 16 besar, kemenangan juga bakal menjadi pembuka manis buat Persebaya di 2019.. Laga ini diprediksi bakal dipadati oleh Bonek yang sudah dua bulan terakhir memendam rindu menyaksikan tim kebanggaan bertanding.

"Inilah pertandingan pertama kami setelah kompetisi Liga 1 berakhir. Semoga bisa mengobati kerinduan Bonek. Kami juga berharap bisa bermain baik di depan publik sendiri," ucap pelatih berusia 54 tahun itu.

Di sisi lain, Persinga tidak memasang target muluk-muluk dalam menghadapi Persebaya. Seperti halnya tuan rumah, mereka juga sudah melakukan persiapan matang untuk menyongsong laga ini.

"Kami sudah melakukan persiapan jauh hari tapi ada penundaan sampai empat kali. Kami tidak melakukan persiapan khusus untuk laga ini," ucap Sigit Wicaksana, asisten pelatih Persinga.

Sigit menyebutkan bahwa laga ini menjadi pemanasan buat anak asuhnya untuk tampil di Liga 3 2019. Dia ingin melihat sejauh mana tim berjulukan Laskar Ketonggo itu bisa memberikan perlawanan.

3 dari 3 halaman

Prediksi Susunan Pemain:

Prakiraan Susunan Pemain:

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Mokhamad Syaifuddin, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi (belakang); Misbakus Solikin, Fandi Eko Utomo, Manuchekhr Jalilov (tengah); Irfan Jaya, Amido Balde, Oktafianus Fernando (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Persinga Ngawi (4-5-1): Junaidi (kiper); Ahmad Fauzi, Marten Reyler Watumiawar, M. Rifaldi, Rachmad Sucipto (belakang); Kevi Sahertian, Rully Aditya, Harris Adyatma, Richard Anderson, Ariel Sharon (tengah); M. Irman (depan)

Pelatih: Fachmi Amiruddin

Video Populer

Foto Populer