Sukses


Otavio Dutra dalam Proses Jadi WNI

Bola.com, Surabaya - Bek Persebaya, Otavio Dutra, dikabarkan sedang mengurus proses naturalisasi. Dia rencananya akan melepas kewarganegaraan Brasil demi mendapat paspor Indonesia.

Kabar itu muncul setelah Dutra terlihat berada di Jakarta, Senin (18/2/2019). Dia datang ke Kemenpora menemui Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto. Banyak yang menduga kedatangannya memang untuk mengurus naturalisasi.

Manajer Persebaya, Candra Wahyudi, tidak membantah, meski enggan memberikan komentar mengenai kejelasan ini. "No comment," katanya kepada Bola.com seusai latihan Persebaya di Lapangan Polda, Surabaya, Kamis (21/2/2019).

Secara terpisah, Dutra mengaku memang sudah mengurus berkas untuk menjadi WNI. Dia mengungkapkan alasannya menjalani naturalisasi.

"Karena saya cinta Indonesia. Saya sudah lama dan senang di sini. Saya tetap tinggal di Indonesia, jadi tidak ada alasan lagi untuk itu. Saya sudah hafal Indonesia Raya. Prosesnya masih berjalan dan itu tidak cepat," ucapnya kepada awak media setelah latihan.

"Saya senang diterima di Kemenpora. Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Azrul, yang bantu saya dan dukung saya. Dia sangat penting di proses saya itu. Semoga prosesnya lancar, saya minta doanya," imbuhnya.

Dutra kali pertama datang ke Indonesia dengan menjadi pemain Persebaya 1927 pada 2010. Saat itu, Persebaya 1927 berada di bawah arahan Aji Santoso. Sampai sekarang, Dutra tidak berkarier di negara lain, meski berpindah-pindah klub.

"Saya dari dulu di Indonesia, gabung ke Persipura (Jayapura) dan Gresik (United) juga. Meski kompetisi sempat dibekukan, saya tidak pindah ke mana-mana, saya tetap di Indonesia. Saya sudah hampir 10 tahun tinggal di sini," ujar pemain berusia 35 tahun itu.

"Klub pertama saya memang Persebaya. Sempat juga ada klub yang ganti nama jadi Bhayangkara, tapi sekarang balik Persebaya. Waktu (Persebaya) promosi saya tidak pikir dua kali untuk kembali gabung Persebaya. Ini tim saya, saya tidak sembunyi dari semua orang," tuturnya.

Video Populer

Foto Populer