Sukses


Piala Presiden: Tira Persikabo Ungkap Resep Taklukkan Persib

Bola.com, Bandung - Tira Persikabo memberikan kejutan dalam laga perdana Grup A Piala Presiden 2019. Mereka menaklukkan tuan rumah Persib Bandung dengan skor 2-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Sabtu (2/3/2019).

Dua gol Tira Persikabo diborong Osas Saha pada menit ke-29 dan ke-70. Sementara Persib sempat membalas lewat Kim Kurniawan pada babak kedua, menit ke-48.

Persib kebobolan dua kali karena kesalahan bek Indra Mustafa yang gagal membendung upaya penetrasi Osas Saha. Satu di antara  kunci keberhasilan Tira Persikabo berasal dari mengeksploitasi pemain muda itu.

Kebetulan, asisten pelatih Tira Persikabo, Miftahudin, pernah pula membesut Indra Mustafa. Keduanya pernah sama-sama berada di Timnas Indonesia U-19 pada tahun lalu saat masih ditangani Indra Sjafri. Miftahudin ketika itu jadi asisten pelatih di Tinas U-19.

"Saya tahu persis kemampuan Indra Mustafa karena hampir setahun bersama di Timnas U-19. Di situlah celah yang bisa kami manfaatkan. Saat melihat pertandingan, itu yang kami lakukan," kata Miftah dalam jumpa pers setelah laga.

Kemenangan ini menjadi awal kebangkitan Tira Persikabo di tahun 2019. Klub berjulukan The Army itu sebelumnya kalah agregat 2-4 dari Persija Jakarta sehingga gagal lolos ke babak 8 besar Piala Indonesia 2018.

Miftah juga mengapresiasi kinerja Osas Saha yang mampu membuat timn asuhannya bangkit.

"Hasil ini patut disyukuri. Semua yang terjadi dalam pertandingan sudah kami pelajari dalam latihan. Gol cepat Osas Saha membuat kami bangkit dan termotivasi," imbuh Miftah.

"Babak pertama, tekanan yang kami hadapi luar biasa. Persib banyak mendapat sepak pojok, tapi kami sudah antisipasi itu dengan berlatih corner defense. Saya memberi apresiasi untuk pemain," ucap pelatih asal Jombang itu.

Untuk sementara, Tira Persikabo berada di posisi puncak klasemen Grup A. Mereka masih akan menghadapi Persebaya Surabaya dan Perseru dalam lanjutan turnamen ini.

Video Populer

Foto Populer