Sukses


Timnas Indonesia U-23 Harus Waspada, Thailand Lapar Kemenangan di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020

Bola.com, Bangkok - Thailand memutuskan tetap ikut serta dalam kualifikasi Piala AFC U-23 kendati berstatus tuan rumah Piala AFC U-23 2020. Sebagai tuan rumah, mereka mendapat jatah satu tiket otomatis lolos. Namun, Timnas Thailand U-23 tetap ingin ikut kualifikasi.

Kebijakan sama pernah diambil Indonesia. Ketika itu, Timnas Indonesia U-19 asuhan pelatih Indra Sjafri tetap ikut serta kualifikasi yang digelar di Paju, Korea Selatan, meski jadi tuan rumah Piala AFC U-19 2018. 

Pelatih Timnas Thailand U-23, Alexandre Gama, dan Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAM) punya keinginan sama sehingga memutuskan tetap tampil di kualifikasi.

"Meski kami sudah pasti tampil di putaran final, saya masih lapar dengan kemenangan dan saya harap setiap pemain merasakan hal sama. Tak ada pertandingan yang gampang di regional ASEAN belakangan ini. Saya ingin menguji bagaimana pemain mengatasi permainan tingkat tinggi," kata Gama.

Keseriusan itu dibuktikan Gama dengan memanggil skuat terbaik. Ia meninggalkan tim yang dibawanya ke Piala AFF U-22 2019 di Kamboja lalu. Hanya ada enam pemain jebolan Piala AFF U-22 2019 dalam daftar 23 pemain yang disiapkannya untuk kualifikasi Piala AFF U-23 2020.

Skuat terkini berisi mayoritas pemain bintang, dipimpin Supachai Jaided, dan gelandang kunci Supachoke Sarachat serta Worachit Kanitsribampen.

Kami hanya memilih pemain terbaik berdasarkan pengalaman mereka. Banyak yang punya pengalaman, terutama di turnamen internasional," ujar Gama.

Namun, ia harus menerima kondisi hanya bisa memiliki keterbatasan dalam menyiapkan pasukannya. Timnas Thailand U-23 baru gabung dan mulai berlatih bersama pada Senin (11/3/2019). Hal itu berarti, hanya 11 hari sebelum laga pertama di Grup K melawan Timnas Indonesia U-23.

"Meski kami hanya punya beberapa hari untuk bersiap, pemain semestinya sudah fit karena mereka sudah berlatih dan bermain di Thai League. Saya mempercayai potensi mereka,” lanjut pelatih asal Brasil itu.

Setelah menghadapi Indonesia, Timnas Thailand U-23 akan menghadapi Brunei pada 24 Maret 2019, disusul Vietnam dua hari kemudian.

Seandainya Timnas Thailand U-23 keluar sebagai juara Grup K, nantinya akan ada lima runner-up terbaik yang berhak melaju ke putaran final. Sementaranya sisanya, berasal dari juara grup dari 11 grup lantaran di putaran final akan diikuti 16 peserta.

Sumber: The Nation

 

Video Populer

Foto Populer