Sukses


Sanksi Komdis PSSI untuk Pelatih Persik Dinilai Terlalu Berlebihan

Bola.com, Kediri - Pelatih Persik Kediri, Budihardjo Thalib, dipastikan absen mendampingi tim pada empat pertandingan di putaran kedua Liga 2 2019. Pelatih asal Makasar ini dilarang duduk di bangku cadangan pemain menyusul sanksi yang dijatuhkan Komdis PSSI sesuai hasil sidang pada 14 Agustus 2019.

Komdis PSSI menjatuhkan keputusan itu karena Budihardjo Thalib dianggap menghampiri dan memegang bagian tubuh wasit Heri Sulistyo, setelah pertandingan Persik Kediri kontra Persewar Waropen di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, 14 Juli 2019.

"Larangan duduk di bench dan masuk ke  ruang ganti sebanyak 4 (empat) pertandingan," begitu bunyi hasil Sidang Komdis PSSI.

Manajer Persik, Beny Kurniawan, menilai hukuman untuk Budihardjo Thalib itu terlalu berlebihan. 

"Patut disayangkan keputusan Komdis seperti ini. Tuduhan terhadap coach Budi (Budihardjo Thalib), protes dan menyentuh wasit dengan sanksi empat kali tanpa bisa mendampingi tim, adalah berlebihan. Reaksi coach Budi pasti ada sebabnya, yaitu kepemimpinan wasit. Lalu apakah ada sangsi buat pengadil lapangan yang bersalah?" tutur Beny Kurniawan. 

Pada sidang itu, Komdis juga memberikan denda sebesar Rp25 juta kepada Panpel Persik Kediri karena dianggap gagal memberikan rasa aman dan nyaman pada pertandingan Persik melawan Persewar.

2 dari 2 halaman

Terima Sanksi

Manajer yang juga wartawan salah satu stasiun televisi regional di Jatim ini mengganggap aneh keputusan Komdis ini larena antara waktu kejadian dengan jatuhnya sanksi sudah cukup lama, yakni sekitar satu bulan.

Padahal, untuk kejadian pertandingan Persik kontra Persewar, Komdis PSSI pernah menjatuhkan hukuman denda Rp50 juta karena terjadi lemparan dan penonton masuk lapangan. Seharusnya untuk kejadian sama, keputusan diberikan seperti hukuman yang lalu.

"Kami tak mengajukan banding karena kami harus bayar uang jaminan Rp30 juta. Kalau kami menang, uang dikembalikan, kalau kalah uang jaminan tidak dikembalikan. Ya sudah, kami terima sanksi ini. Lebih baik kami fokus memikirkan tim untuk putaran kedua, daripada membahas sanksi Komdis tersebut," lanjut Beny.

4 Laga Persik Tanpa Budihardjo Thalib 

(23/8/2019) PSBS vs Persik 

(28/8/2019) Martapura FC vs Persik 

(2/9/2019) Persik vs PSIM 

(6/9/2019) Persik vs Persis

Video Populer

Foto Populer