Sukses


7 Pemain Baru Timnas Indonesia U-19 Harus Mengejar Ketertinggalan

Bola.com, Cibinong - Tujuh dari total 30 pemain yang ada di pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 merupakan wajah baru. Pelatih Fakhri Husaini menuntut ketujuh pemain tersebut untuk mengejar ketertinggalan dari pemain yang sudah lebih dulu bergabung dalam sejumlah aspek.

Ketujuh pemain itu adalah Andre Octaviansyah, Fadhillah Nur Rahman, Serdy Hepyfano, Jarson Armandi, Taufik Alif Hidayat, Ikhwan Ali Tanamal, dan Fathur Alamsyah. Dua nama pertama tak terlalu asing lantaran merupakan eks anak buah Fakhri di Timnas Indonesia U-16.

Saat ini, Timnas Indonesia U-19 tengah mengadakan TC di Bogor yang dimulai sejak 26 September hingga 2 Oktober 2019. Persiapan ini dilakukan dalam rangka menyambut Kualifikasi Piala AFC U-19 2020.

"Dalam beberapa kali kesempatan, saya sempat sampaikan bahwa mereka yang baru bergabung perlu kerja keras karena yang mereka hadapi adalah teman-teman yang lebih dulu tahu cara main yang kami terapkan di latihan," kata Fakhri kepada wartawan.

"Kalau dari sisi teknis mereka tak begitu jauh dengan pemain-pemain yang sudah lama bergabung. Passing, shooting, tidak jauh beda. Tapi, sepak bola tak hanya itu. Ada aspek fisik dan taktik yang masih perlu mereka adaptasi lebih cepat. Kalau bicara teknik tak ada bedanya. Mereka masih perlu waktu," imbuh Fakhri.

"Tujuan kami mengadakan internal game pada Sabtu kemarin dan lengkap dengan perangkat pertandingan adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan adaptasi mereka. Saya dan staf juga menempatkan posisi sesuai kemampuan mereka agar tahu sejauh mana kualitas mereka," tutur pelatih Timnas Indonesia U-19 itu.

2 dari 2 halaman

Peluang 2 Pemain

Fakhri mengomentari kembalinya dua mantan anak buahnya di Timnas Indonesia U-16, Andre dan Fadhillah. Keduanya sempat cedera sehingga telat gabung bersama Timnas Indonesia U-19.

"Khusus untuk Andre, saya masih butuhkan di lini tengah. Fadhil saya perlukan untuk pelapis. Tapi, buat saya, 30 pemain yang kami panggil ini semuanya punya kesempatan sama untuk masuk karena kami bawa 23 pemain nanti di Kualifikasi Piala AFC U-19 2020," jelas Fakhri.

"Selain itu tentu penting untuk memberikan kesempatan kepada beberapa pemain yang potensial dan belum saya lihat kemarin. Yang kedua saya perlu juga tambahan tenaga-tenaga baru untuk semakin meningkatkan penampilan tim ini," terang Fakhri.

"Semua pemain harus bersaing, sedekat apapun mereka satu sama lain mereka harus berkompetisi dengan baik," tuturnya.

Video Populer

Foto Populer