Sukses


Daftar Negara Asia yang Pernah Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Bola.com, Jakarta - FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Penunjukkan ini menjadikan Indonesia sebagai negara Asia ke-6 yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Sebelumnya, Indonesia harus bersaing dengan Brasil dan Peru dalam memperebutkan jatah tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Namun, Indonesia mampu mengalahkan dua negara tersebut dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2021.

Perjuangan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 tidaklah mudah. Indonesia mendapatkan beberapa catatan dari FIFA dalam pencalonan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Sebelum terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia, Indonesia belum pernah menggelar turnamen-turnamen FIFA. Tercatat Indonesia hanya pernah menjadi tuan rumah Piala Asia 2007 dan Asian Games 2018.

Sebelum Indonesia, terdapat beberapa negara Asia lainnya yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Negara-negara tersebut dinilai sukses menggelar hajatan dua tahunan tersebut.

Berikut daftar negara Asia yang pernah menghelat Piala Dunia U-20:

2 dari 7 halaman

Jepang (1979)

Jepang menjadi tuan rumah Piala Dunia Muda asal Asia pertama sepanjang sejarah pada tahun 1979. Pada turnamen tersebut, Indonesia berpartisipasi untuk pertama dan terakhir kalinya sepanjang sejarah.

Pada turnamen kali ini melahirkan seorang maestro sepak bola yang bernama Maradona. Legenda Argentia tersebut menyabet gelar adidas Golden Ball dan menghantarkan negaranya sebagai juara setelah mengalahkan Uni Soviet dengan skor 3-1 pada partai puncak.

3 dari 7 halaman

Arab Saudi (1989)

Arab Saudi menjadi negara Asia kedua yang menjadi tuan rumah Piala Dunia Muda pada tahun 1989. Pada turnamen tersebut, Arab Saudi mampu lolos dari fase grup setelah menepati posisi buncit dengan raihan tiga poin.

Portugal keluar sebagai juara setelah mengalahkan Nigeria dengan skor 2-0 pada partai puncak. Bismarck keluar sebagai pemain terbaik setelah menyabet gelar adidas Golden Ball pada turnamen tersebut.

4 dari 7 halaman

Qatar (1995)

Enam tahun berselang, Qatar menjadi negara Asia ketiga yang menghelat hajatan yang bernama Piala Coca-Cola. Turnamen tersebut menjadi panggung bagi negara top asal Amerika Latin untuk mendominasi turnamen.

Partai final Piala Coca-Cola 1995 mempertemukan Brasil dan Argentina. Pada akhirnya, Tim Tango keluar sebagai juara setelah menaklukan Negeri Samba dengan skor 2-0.

5 dari 7 halaman

Malaysia (1997)

Dua tahun berselang, Malaysia menggelar Piala Coca-Cola. Malaysia menjadi negara Asia Tenggara pertama yang menghelat ajang dua tahunan tersebut.

Pada Piala Coca-Cola 1997, Argentina kembali menjadi juara setelah menaklukan sesame negara Amerika Latin, Uruguay, dengan skor 2-1. Tidak hanya menjadi juara, Argentina juga menyabet gelar tim Fair Play pada turnamen tersebut.

6 dari 7 halaman

Uni Emirat Arab (2003)

Uni Emirat Arab menjadi negara Asia selanjutnya yang menggelar Piala Dunia Muda. Negara Timur Tengah tersebut menggelar turnamen para pemain muda tersebut pada tahun 2003.

Pada saat itu, Brasil keluar sebagai juara setelah menaklukan Spanyol dengan skor 0-1 di partai final. Tim muda Negeri Samba tersebut meneruskan kejayaan yang diraih tim senior pada tahun sebelumnya saat menjadi juara Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang.

7 dari 7 halaman

Korea Selatan (2017)

Dua Tahun yang lalu, Korea Selatan menggelar Piala Dunia U-20. Pada edisi tersebut, Inggris keluar menjadi juara setelah menundukkan Venezuela 1-0 pada partai final di Stadion Piala Dunia Suwon.

Pada saat itu, Dominic Solanke (Inggris) keluar sebagai pemain terbaik dengan menyabet adidas Golden Ball. Sementara itu, Riccardo Orsolini keluar sebagai top skor turnamen dengan mencetak lima gol sepanjang turnamen berlangsung.

Negeri gingseng tersebut sudah cukup berpengalaman dalam menghelat event internasional. Sebelumnya, Korea Selatan bersama Jepang pernah menjadi tuan rumah bersama pada Piala Dunia 2002.

Video Populer

Foto Populer