Sukses


Curi Poin di Kandang Tira Persikabo, Aji Santoso Puji Pemain Persebaya

Bola.com, Bogor - Persebaya Surabaya mampu memetik poin saat melawat ke markas Tira Persikabo. Duel pekan ke-27 Shopee Liga 1 2019 itu berakhir dengan skor 2-2 di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu sore (9/11/2019).

Kedua tim saling mengungguli. Dua gol Tira Persikabo lahir berkat Osas Saha (1') dan Khursed Beknazarov (70'). Persebaya Surabaya sempat membalasnya lewat Rendi Irwan (35') dan Aryn Williams (51').

Hasil ini masih memperpanjang catatan belum menang Persebaya menjadi tujuh laga. Pelatih Persebaya, Aji Santoso, menilai pemainnya sudah berusaha keras bahkan semakin membalik kedudukan.

"Kami harus mensyukuri hasil ini. Kami sempat tampil luar biasa di kandang Tira Persikabo. Kami mendapat satu poin meski lima pemain inti tidak tampil. Ini hasil yang menggembirakan," kata Aji setelah laga.

"Satu hal yang luar biasa mental anak-anak tidak turun. Kami sempat tertinggal 0-1, kemudian menyamakan kedudukan dan berbalik unggul, meski akhirnya seri," imbuh pelatih asal Malang itu.

Persebaya memang tidak bisa menurunkan kekuatan penuh di laga ini. Miswar Saputra, Irfan Jaya, dan Osvaldo Haay harus absen. David da Silva malah hanya duduk di bangku cadangan.

Menariknya, semua gol di laga ini lahir dimulai dari skema tendangan bebas, baik Tira Persikabo maupun Persebaya. Selain unggul dalam bola mati, kedua tim menunjukkan kelemahannya dalam antisipasi itu.

"Tentunya setiap pertandingan kami mengumpulkan informasi. Dua gol tim lawan lahir dari bola mati. Ini akan kami benahi jelang laga berikutnya," ucap pelatih Persebaya Surabaya berusia 49 tahun itu.

 

2 dari 3 halaman

Cukup Puas dalam Laga Debut

Laga ini merupakan debut bagi Aji setelah ditunjuk sebagai arsitek Persebaya Surabaya pada pekan lalu. Meski bermain imbang, pelatih asal Malang itu mengembalikan kepercayaan diri pemain setelah sempat kalah 2-3 dari PSS Sleman, Selasa (29/10/2019).

"Selama persiapan, saya sampaikan kepada seluruh pemain. Saya ingin menciptakan suasana kondusif di tim. Saya minta pemain untuk menikmati pertandingan," terang Aji.

"Saya beri kepercayaan dan kebebasan kepada pemain. Mungkin mereka respek kepada pelatihnya sehingga main bagus. Ini positif untuk Persebaya. Saya mencoba mengembalikan ciri khas permainan Persebaya," tuturnya.

Meski menambah koleksi poin, posisi Persebaya tetap di peringkat ke-11 dalam klasemen sementara. Bajul Ijo kini mengoleksi 32 poin dari 26 pertandingan.

3 dari 3 halaman

Video Pertandingan

Nenek 60 Tahun Raih Medali Perak di Kejuaraan Dunia

Video Populer

Foto Populer