Sukses


Badak Lampung dan Semen Padang Temani Kalteng Putra Degradasi ke Liga 2

Bola.com, Jakarta - Tiga tim dipastikan terdegradasi dari Shopee Liga 1 2019. Perseru Badak Lampung dan Semen Padang menyusul Kalteng Putra turun kasta ke Liga 2.

Hal itu tak lepas dari kemenangan Persija Jakarta atas Madura United pada pekan ke-32 Liga 1, Jumat (13/12/2019). Bertanding di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Persija sukses melumat Laskar Sappe Kerab dengan skor 4-0.

Pada partai lain di hari dan jam yang sama, PSIS Semarang berhasil menyudahi perlawanan alot Semen Padang dengan skor 2-0. Bruno Silva sukses menjadi algojo penalti pada laga yang dihelat di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Jawa Tengah, sedang satu gol lagi dicetak oleh Hari Nur Yulianto pada menit-menit akhir pertandingan.

Dua hasil pertandingan itu membuat posisi Badak Lampung, Kalteng Putra, dan Semen Padang tak terselematkan. Nahas buat Semen Padang yang terpaku di dasar klasemen Liga 1 2019.

Tambahan tiga poin membuat Persija naik satu peringkat ke posisi 14 melewati Persela Lamongan dengan koleksi 41 poin. Sementara itu, Persela meraih 40 poin.

Untuk PSIS, mereka kini bercokol di posisi ke-11 klasemen sementara. Laskar Mahesa Jenar telah mengoleksi 43 poin hasil dari 12 kemenangan, tujuh imbang, dan 13 kali menelan kekalahan.

Badak Lampung yang berada di tangga ke-16 dengan 33 poin tak akan mampu mengejar perolehan poin Persela. Sebab, Liga 1 2019 menyisakan dua pertandingan lagi sehingga Badak Lampung maksimal hanya akan mengoleksi 39 poin saja.

2 dari 5 halaman

Semen Padang

Semen Padang memulai Liga 1 2019 dengan buruk. Tim berjulukan Kabau Sirah itu urung meraih kemenangan pada 10 pertandingan pertama.

Bahkan, pada pekan 6 hingga 9, berstatus sebagai tuan rumah, Semen Padang hanya sanggup meraih satu poin saja. Menariknya, PSIS Semarang yang jadi lawan mereka pada laga penentuan pekan ke-32 merupakan lawan pertama di mana mereka meraih kemenangan di leg pertama.

Semen Padang pernah membuat kejutan dengan mengalahkan PSM Makassar, Persija Jakarta, dan Barito Putera. Kemenangan-kemenangan itu membuat asa dan harapan Semen Padang bertahan di Liga 1 menguat.

3 dari 5 halaman

Kalteng Putra

Berbanding terbalik dengan Semen Padang, Kalteng Putra sebetulnya mampu menampilkan performa menjanjikan di awal musim Liga 1. Dua kemenangan tandang pada lima laga perdana menunjukkan bahwa tim asal Kalimantan Tengah ini layak diperhitngkan.

Sayang, lima kekalahan beruntun dialami pada pekan keenam, termasuk dua di kandang atas Borneo FC (0-1) dan PSS Sleman (0-2). Puncaknya, kekalahan telak 1-4 atas Madura United dan hasil imbang atas Persipura Jayapura memastikan Kalteng Putra terdegradasi.

Mereka menjadi tim Liga 1 pertama yang dipastikan turun kasta ke Liga 2. Hingga pekan ke-32, Kalteng Putra hanya mengoleksi 31 poin.

4 dari 5 halaman

Perseru Badak Lampung

Satu hal menarik dari Perseru Badak Lampung yakni, dua kemenangan perdana Liga 1 2019 mereka raih di kandang lawan, lebih tepatnya pekan ketiga dan keempat. Selain itu, kemenangan perdana di kandang diraih Perseru pada leg kedua kontra Kalteng Putra.

Tiga kemenangan penting berhasil diraih kala membungkam Arema FC (4-3), Madura United (3-0), dan Persija Jakarta (2-0). Akan tetapi, itu saja tak cukup untuk menyelamatkan Perseru dari jurang degradasi.

5 dari 5 halaman

Dua Tim Promosi Langsung Degradasi di Musim Berikutnya

Dengan begini, hanya PSS Sleman yang mampu bertahan di Liga 1 2019 dari tiga tim promosi. Super Elang Jawa merupakan juara Liga 2 2018.

Secara statistik, PSS memang tim promosi paling konsisten dibanding dua tim lainnya. Mereka beberapa kali juga sanggup meraih kemenangan tandang.

Tak mengherenkan, dukungan penuh Slemania dan Brigata Curva Sud dalam ketika PSS berlaga tandang sedikit banyak memberikan energi positif kepada anak asuh Seto Nurdiantoro sepanjang Liga 1 2019.

Video Populer

Foto Populer