Sukses


Prediksi Tampines Rovers Vs Bali United: Uji Coba Pemain Baru Serdadu Tridatu

Bola.com, Singapura - Bali United bakal memulai perjuangan lolos ke putaran final Liga Champions Asia 2020 pada Selasa (14/1/2020). Serdadu Tridatu bakal melancong ke markas klub Singapura, Tampines Rovers di Stadion Jalan Besar.

Laga ini akan terasa sulit bagi kubu Bali United, karen dihelat di lapangan dengan permukaan dasar rumput sintetis.  Walau Bek Bali United, Leonard Tupamahu, menegaskan bermain di lapangan sintetis bukan hambatan buat timnya.

Pemain berusia 36 tahun itu menyebut timnya bakal tampil habis-habisan untuk meraih kemenangan. Laga Pasalnya, Kualifikasi Liga Champions Asia 2020 hanya digelar satu pertandingan.

Jadi, Bali United harus mampu meraih kemenangan untuk melaju ke babak selanjutnya atau harus tampil di Piala AFC 2020 jika kalah dari Tampines Rovers.

Fakta menunjukkan Bali United terbilang jarang bermain di stadion yang menggunakan rumput buatan. Seluruh stadion yang jadi markas klub Liga 1 menggunakan rumput asli.

Namun, Leonard Tupamahu menilai timnya sudah mengantisipasi hal tersebut, yakni beradaptasi dengan rumput sintetis. Jadi, Leonard menilai semestinya tidak ada lagi masalah untuk laga nanti.

"Kami memang tidak terbiasa untuk bermain di jenis lapangan artifisial (sintetis), tapi saya rasa itu bukan alasan ketika kami sudah masuk lapangan. Kami semua punya keinginan untuk menang. Kami juga sudah coba latihan di lapangan seperti itu di sini Bali. Kami harus benar-benar cepat beradaptasi seperti dalam hal passing dan kontrol bola," tegas Leonard.

Buat persiapan laga ini Bali United intens menggeber latihan di lapangan sintetis yang ada di Pulau Dewata.

Stefano Cugurra Teco sudah mempelajari kekuatan Tampines Rovers jelang laga kualifikasi. Tampines Rovers tak banyak melakukan perombakan skuat.

Gelandang asal Serbia, Zehrudin Mehmedovic masih jadi andalan lini tengah. Musim lalu, Mehmedovic mencetak 11 gol untuk Tampines.

Jordan Webb juga masih jadi andalan. Pemain jangkung kelahiran Kanada ini sangat produktif musim lalu. Total 20 gol dicetak gelandang berusia 30 tahun ini.

Selain dua nama itu, masih ada deretan pemain Singapura yang jadi andalan Tampines. Namun, satu andalan masih misteri, yakni Kyoga Nakamura yang musim lalu bermain bersama Albirex Niigata. Dari 23 penampilan, Kyoga mencetak tujuh gol.

"Mereka ada satu pemain Jepang baru. Saya belum lihat dia main dalam tim. Kalau yang lain kita sudah lihat dari pertandingan musim lalu," ucap Teco.

Teco menilai sebagai pemain baru, Kyoga pasti butuh waktu untuk adaptasi. Bedanya, Kyoga punya keuntungan dibanding para pemain baru Bali United. Dia sudah berlatih sejak Desember 2019 lalu.

Namun, Teco yakin para rekrutan barunya bisa membuktikan kualitas. Teco memastikan ada pemain baru yang akan dibawa ke Singapura, Minggu (12/1/20). Hanya, Teco tak menyebutkan namanya. Kyoga Nakamura menjadi sosok yang belum diketahui performanya.

Dalam laga ini Teco tak menjabat sebagai pelatih kepala Bali United, karena terkendala lisensi. Tugas nakhoda tim di atas kertas dipegang Emral Abus.

2 dari 5 halaman

Tanpa Irfan dan Spaso

Bali United akan menghadapi Tampines Rovers pada laga kualifikasi Liga Champions Asia 2020, Selasa (14/1/2020). Kapten Bali United, Fadil Sausu, mengaku persiapan timnya makin matang.

Bali United sudah sepekan terakhir melakukan persiapan untuk menghadapi Tampines Rovers. Para pemain anyar maupun yang lama sudah mulai bergabung untuk mengikuti sesi latihan.

Laga melawan Tampines Rovers tak boleh disia-siakan Bali United. Klub berjulukan Serdadu Tridatu ini wajib meraih kemenangan untuk bisa menjaga asa lolos ke fase grup Liga Champions Asia 2020.

"Pastinya kami berangkat ke Singapura itu dengan target membawa pulang kemenangan. Kami tidak ingin menjadikan ajang ini untuk ikut-ikut saja," ujar pemain berusia 34 tahun itu.

Tampines Rovers bukan lawan yang asing buat Bali United. Kedua tim pernah dipertemukan, juga di fase kualifikasi Liga Champions Asia edisi 2018. Ketika itu, Bali United menang dengan skor 3-1 dari wakil Singapura tersebut.

"Kalau percaya diri, semua harus. Tapi, Tampines Rovers yang dulu dan sekarang pasti beda. Mereka juga pasti mempersiapkan diri," ucap Fadil Sausu.

Bali United resmi mendaftarkan 30 pemain untuk kualifikasi Liga Champions Asia, dari total 36 pemain yang mereka miliki.

Eks gelandang PSS Sleman, Sidik Saimima, menjadi nama terakhir yang direkrut sebelum pendaftaran pemain ditutup pada Minggu (7/1/20).

Dalam laga ini Bali United tidak akan dibela bomber haus gol, Ilija Spasojevic, yang masih ada di negaranya Montenegro. Kemungkinan Serdadu Tridatu bakal memaksimalkan penyerang rekrutan anyar mereka, Lerby Eliandry.

Selain Lerby, masih ada Melvin Platje. "Apakah saya akan bermain atau tidak saya serahkan ke pelatih. Pastinya saya akan melakukan yang terbaik buat tim. Pelatih yang lebih tahu kebutuhan strategi," kata Lerby.

Menariknya dalam laga ini Bali United tak membawa serta Irfan Bachdim. Kabarnya, sang pemain tidak masuk rencana masa depan Teco. Ia akan dilepas ke klub lain.

Rombongan Bali United berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, pada Minggu (12/1/20).

3 dari 5 halaman

Pernah Menang Telak

Perjumpaan di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (14/1/20), jadi pertemuan kedua antara Tampines Rovers dengan Bali United. Sebelumnya pada Kualifikasi Liga Champions Asia 2018 lalu, Bali United menang 3-1 berkat gol Fadil Sausu, Ilija Spasojevic dan Hanis Saghara.

Namun Bali United tak mau jemawa, karena  Tampines bertindak sebagai tuan rumah.

"Situasinya sudah berbeda. Pertandingan itu sudah dua tahun yang lalu, pemain dari kedua tim pun sudah berbeda. Jadi tidak bisa jadi patokan. Tapi, itu menjadi modal yang baik untuk menjaga kepercayaan diri para pemain," ucap pelatih kepala Bali United, Emral Abus dalam jumpa pers di Singapura, Senin (13/1/20) siang.

4 dari 5 halaman

Komposisi Pemain

Tampines Rovers (4-4-2): Mohammed Rudy (Kiper); Amirul Azmi, Daniel Bennett, Muhammad Irwan Shah, Mahdu Mohana (Belakang); Joel Chew, Jordan Webb, Kyoga Nakamura, Shah Shahiran (Tengah); Boris Kopitovic, Mohamad Taufik (Depan)

Pelatih: Kadir Yahaya

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (Kiper); Gavin Kwan, Willian Pacecho, Gunawan Dwi Cahyo, Ricky Fajrin (Belakang); Paulo Sergio, Hariono, Fadil Sausu (Tengah); Melvin Platje, Lerby Eliandry, Stefano Lilipaly (Depan)

Pelatih: Emral Abus

 

Prediksi Bola.com: 50-50

 

5 dari 5 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer