Sukses


Sergio Farias Menerima Tantangan Kembali Membawa Persija Juara

Bola.com, Jakarta - Sebagai rookie di sepak bola Indonesia, ekspektasi terhadap Sergio Farias langsung tinggi. Pelatih asal Brasil ini ditargetkan membawa Persija Jakarta menjuarai Liga 1 2020.

Persija Jakarta merupakan tim juara Liga 1 2018, namun mengalami terjun bebas penampilan pada musim lalu. Bahkan, tim berjulukan Macan Kemayoran ini hanya mampu untuk bersaing agar tidak terdegradasi.

Sergio Farias adalah pelatih dengan riwayat karier yang mentereng. Pria berusia 52 tahun ini pernah membawa klub Korea Selatan, Pohang Steelers, meraih gelar juara pada musim 2007, setelah 15 tahun kemarau trofi.

"Ketika saya tiba pertama kali datang ke Korea Selatan, Pohang Steelers sudah lama tidak juara, dan saya bilang bahwa saya butuh waktu untuk tim apakah bisa mempersembahkan juara," ujar Sergio Farias.

"Normalnya, ketika saya datang ke sebuah klub, mereka sudah punya pemain, dan tugas saya adalah mengembangkan kualitas dari pemain tersebut. Dua tahun lalu Persija Jakarta juara, tapi tahun lalu tidak, saya harus cari tahu apa yang terjadi," tutur Sergio Farias.

Membahas mengenai target juara, Sergio Farias mengaku butuh waktu untuk lebih dulu mendalami kekuatan Persija. Eks arsitek Suphanburi di Liga Thailand ini perlu berbicara banyak dengan seluruh elemen tim.

"Untuk pertanyaan ini, saya butuh waktu untuk menemukan jawabannya. Tentang pemain yang ada, saya belum tahu karena belum pernah bekerja dengan mereka. Namun, saya akan mempelajari mereka, mengembangkan kualitas mereka, untuk tim, dan saya yakin Persija Jakarta menjaga pemain yang membantu mereka juara dua tahun lalu. Dan, pemain baru yang datang adalah kunci untuk meningkatkan kualitas dari tim. Ekspektasi saya untuk pemain musim ini adalah bisa membantu kami meraih hasil yang terbaik," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Korek Informasi dari Teco dan Tavares

Sebelum menerima pinangan Persija Jakarta, Sergio Farias berkomunikasi dengan dua rekan sejawatnya asal Brasil yang lebih dulu berkarier di Indonesia, Stefano Cugurra Teco dan Edson Tavares. Keduanya juga berstatus sebagai mantan pelatih tim ibu kota.

"Sebelum kami datang ke negara baru, pasti saya mencari tahu informasi soal kultur, sepak bola, dan kesehariannya. Tentu juga saya cari tahu soal pemain, dan juga tim lawan," jelas Sergio Farias.

"Sebelum saya datang, saya dapat informasi soal liga, dan saya bertanya kepada beberapa pelatih di sini, seperti Tavares, dan Teco, mereka memberi saya informasi penting. Penting juga untuk saya beradaptasi dengan filosofi kerja dan karakter dari lingkungan yang baru ini," ujarnya.

Video Populer

Foto Populer