Sukses


VAR Bakal Diterapkan, Berikut 6 Stadion untuk Piala Dunia U-20 2021

Bola.com, Jakarta - Piala Dunia U-20 2021 yang akan digelar di Indonesia pada 24 Mei-12 Juni 2021 dipastikan bakal memakai teknologi Video Assistant Referee (VAR). Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melaporkan hasil koordinasi PSSI dengan FIFA melahirkan beberapa keputusan.

"Penyediaan ruangan VAR harus ada di setiap stadion utama dan juga lapangan pendukung," tulis hasil rapat koordinasi poin 1 huruf I.

"Sehingga memungkinkan setiap kesebelasan dapat membiasakan dengan peralatan tersebut. Sebagai informasi, VAR akan didatangkan langsung oleh FIFA," lanjut hasil rapat koordinasi tersebut.

Selain itu, FIFA memenuhi permintaan PSSI terkait jumlah stadion untuk Piala Dunia U-20 2021. Semula, FIFA hanya ingin memakai empat stadion. Kini, jumlahnya menjadi enam stadion.

Enam stadion tersebut meliputi Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

"Masing-masing stadion harus didukung dengan lima lapangan latihan. Di luar stadion-stadion tersebut, masih harus disiapkan sejumlah stadion lain sebagai stadion pendukung," tulis hasil rapat koordinasi poin 1 huruf C.

FIFA juga meminta PSSI agar setiap pertandingan Piala Dunia U-20 2021, mulai babak penyisihan, jumlah penonton yang datang ke stadion minimal 10 ribu orang. Jika tidak, maka PSSI harus mencari mengatur supaya stadion tidak terlihat kosong.

Berikut 6 stadion yang ditetapkan FIFA sebagai venue penyelenggara pertandingan Piala Dunia U-20 2021.

2 dari 7 halaman

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) adalah primadona PSSI sebagai arena untuk Piala Dunia U-20 2021. Dengan kapasitas 77.193 penonton dan fasilitas terbaru setelah direnovasi untuk Asian Games 2018, SUGBK akan menjadi ujung tombak dan diyakini bakal menjadi venue utama.

Ditambah lagi, fasilitas di komplek Senayan juga makin lengkap setelah digunakan untuk Asian Games. Soal akomodasi, klub peserta juga akan dimudahkan karena terletak di pusat kota.

3 dari 7 halaman

2. Stadion Pakansari

Stadion Pakansari di Cibinong, Kabupaten Bogor, punya rekam jejak bagus sebagai venue final sepak bola Asian Games 2018 antara Korea Selatan versus Jepang.

Stadion ini juga menjadi markas Timnas Indonesia ketika memainkan laga kandang di semifinal dan final di Piala AFF 2016.

4 dari 7 halaman

3. Stadion Manahan

Beranjak ke Kota Solo. Stadion Manahan, yang belum lama ini baru menyelesaikan proses seleksi, juga menjadi venue pertandingan Piala Dunia U-20. Terletak di pusat kota, akses ke stadion ini sangat mudah.

Stadion Manahan sudah berpengalaman menjadi venue ajang internasional, termasuk menjadi kandang alternatif Timnas Indonesia.

5 dari 7 halaman

4. Stadion Mandala Krida

PSSI menyiapkan Stadion Mandala Krida yang baru saja direnovasi. Stadion Mandala Krida Baru ini akan disempurnakan pada 2020.

Proses yang disempurnakan, antara lain lampu stadion dan penerangan jalan, kursi tribune (single seat), dan pusat jajanan makanan serta minuman di lingkungan stadion

6 dari 7 halaman

5. Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo sebagai markas Persebaya Surabaya diajukan PSSI untuk menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. Dengan kapasitan 55.000 penonton, GBT punya pesona tersendiri di wilayah Jawa Timur.

7 dari 7 halaman

6. Stadion Kapten I Wayan Dipta

Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, yang menjadi markas Bali United, baru-baru ini menjadi kandang alternatif Timnas Indonesia di laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Terletak di Bali, stadion ini menjadi keunggulan sebagai pendamping SUGBK. Faktor utama yang mendukung adalah banyaknya pesawat dari luar negeri yang direct ke Denpasar.

Video Populer

Foto Populer