Sukses


Proses Perekrutan Cepat Arema FC, Fenomena Agen untuk Pemain Lokal

Bola.com, Malang - Arema FC kini hanya tinggal mencari satu pemain lokal lagi untuk mengarungi musim 2020. Dalam satu pekan persiapan, Arema FC sudah memiliki 25 pemain lokal, di mana 11 di antaranya merupakan pemain baru. Perekrutan pemain lokal yang terhitung cepat ini tidak lepas dari peran agen-agen pemain yang membuat kesepakatan bisa dilakukan dalam tempo yang singkat.

General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, mengakui fenomena baru yang membuat timnya lebih cepat terbentuk. Selain karena kinerja para pelatih dan manajemen dalam berburu pemain, ada juga peran agen pemain yang tidak bisa dianggap sepele.

"Fenomena saat ini banyak pemain lokal yang memiliki agen sendiri. Kalau tidak, ada 4-5 agen pemain berbeda yang ikut membantu. Padahal biasanya pemain lokal jarang yang menggunakan agen," ujar Ruddy Widodo.

Penggunaan agen pemain memang membuat segala urusan menjadi lebih cepat, terutama untuk pengurusan dokumen seperti surat keluar dari klub lama, di mana biasanya para pemain terkendala oleh hal tersebut.

"Semua dokumen sudah disiapkan oleh agen pemain. Selain itu, ada sisi lain yang positif. Kami jadi tahu siapa saja pemain yang tidak lanjut kontrak dengan klub lama. Jadi agen pemain lokal juga beberapa nama yang semula tidak kami duga dan ternyata pemain itu masuk dalam skema yang diinginkan pelatih," lanjut GM Arema FC itu.

 

 

2 dari 4 halaman

Ada Sisi Positif, Tentu Ada Sisi Negatif

Proses perekrutan pemain lokal baru Arema FC, dalam pantauan Bola.com yang menggunakan agen adalah Dave Mustaine, Kushedya Hari Yudo, Bagas Adi Nugroho, Mariando Djonak, dan beberapa lainnya. Para pemain tersebut adalah contoh begitu mudahnya Arema FC bisa cepat mendapatkan pemain.

Namun, diakui oleh Ruddy Widodo, peran agen pun memiliki kekurangan bagi pihak manajemen klub. Mau tidak mau, manajemen klub harus mempersiapkan kocek lebih dalam karena nilai kontraknya akan lebih tinggi.

"Pasti nilainya menjadi lebih tinggi. Pasti pemain tersebut akan memberikan komisi kepada agennya. Menurut saya itu hal yang biasa," ujar Ruddy.

Harus diakui, mayoritas pemain lokal di Arema FC pada musim lalu masih berlangsung tanpa agen. Hanya pemain asing yang melewati jasa agen karena sudah menjadi prosedurnya. Tentu penggunaan agen untuk pemain lokal menjadi sebuah fenomena yang berkembang bagi industri sepak bola Indonesia.

 

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain Baru Arema FC untuk Musim 2020

  1. Teguh Amiruddin (kiper)
  2. Syaiful Indra (bek)
  3. Bagas Adi (bek)
  4. Nurdiansyah (bek)
  5. Taufik Hidayat (bek)
  6. Ganjar Mukti (bek)
  7. Aji Saka (bek)
  8. Dave Mustaine (gelandang)
  9. Pandi Lestaluhu (gelandang)
  10. Mariando Djonak (gelandang)
  11. Kushedya Hari Yudo (penyerang)
4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer