Sukses


Wabah Virus Corona Terdeteksi di Depok, Nasib 4 Klub Shopee Liga 1 yang Bermarkas di Jabodetabek Tanda Tanya

Bola.com, Jakarta - Presiden RI, Joko Widodo, mengumumkan dua warna Indonesia terjangkit Virus Corona. Keduanya bermukim di Depok. Akankah penyelenggaraan Shopee Liga 1 2020 bakal berpengaruh dengan kejadian ini?

"Ada orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia. Dicek di sana ternyata positif Corona. Tim di Indonesia langsung menelusuri," kata dia, di Jakarta, Senin (2/3/2020).

"Ternyata orang yang telah terkena virus Corona ini berhubungan dengan dua orang, seorang ibu yang umurnya 64 tahun, dan putrinya 31 tahun," timpalnya lagi.

"Dicek oleh tim kita pada posisi yang sakit. Dicek dan tadi pagi saya mendapat laporan dari Pak Menkes [Terawan] bahwa ibu ini dan putrinya positif corona. Di indonesia. Sudah di rumah sakit," katanya.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyampaikan dua WNI yang positif virus corona tersebut saat ini dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Sebelumnya, memberitakan WN Jepang berusia 41 tahun dinyatakan positif Corona di Malaysia. Ia disebut pernah berkunjung ke Indonesia. Pasien ke-24 di Malaysia itu diidentifikasi sebagai perempuan berkebangsaan Jepang berusia 41 tahun yang bekerja di Malaysia. Ia sebelumnya bepergian ke Jepang pada Januari dan ke Indonesia pada awal Februari. WN Jepang tersebut diduga keras sebagai orang yang menularkan virus Corona ke dua warga negara Indonesia.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, telah mengumunkan bahwa pihaknya menyetop sementara seluruh izin keramaian di Ibu Kota karena khawatir akan penyebaran virus corona (covid-19).

"Pengajuan tahan dulu yang belum keluar izinnya. Pemprov juga tidak akan mengeluarkan perizinan baru untuk kegiatan perkumpulan orang dalam jumlah yang besar," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (2/3).

Anies mengatakan bagi perizinan yang sudah terlanjur keluar, maka Pemprov DKI akan meninjau ulang kembali. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus Corona. "Dan yang sudah terlanjur keluar izinnya, akan di-review kembali," jelasnya.

Dampaknya penyetopan izin keramaian sudah pasti berpengaruh pada dua klub kontestan Shopee Liga 1 2020, Persija Jakarta dan Bhayangkara FC yang bermarkas di ibu kota.

Persija memainkan pertandingan kandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Sementara itu, Bhayangkara bertanding di Stadion PTIK, Jaksel.

Jadwal pertandingan kandang terdekat Persija Jakarta pada Sabtu (7/3/2020) melawan Persebaya Surabaya. Di sisi lain Bhayangkara pada pada Sabtu (14/3/2020) menghadapi Persija.

 

 

Video

2 dari 2 halaman

Tira dan Persita Juga Rawan Terusir

Selain kedua tim di atas, masih ada dua klub lain yang bermarkas di area Jabodetabek. Kandang PS Tira Persikabo di Stadion Pakansari, Cibinong, Depok. Persita Tangerang bermarkas di Sports Center Tangerang.

Markas Tira relatif dekat dengan RS Mitra Keluarga Depok yang dipakai tempat merawat dua pasien yang terjangkit virus Corona. Di hari yang sama pengumuman Jokowi, Klub tersebut masih menggelar pertandingan Shopee Liga 1 2020 melawan Arema FC. Laga ini menghadirkan penonton. 

Wali Kota Depok, Jawa Barat, Muhammad Idris Abdul Somad mengatakan, ada sekitar 50 orang lebih yang berinteraksi dengan dua pasien positif virus corona. Sebab itu, pihaknya tengah mencari keberadaan mereka.

"Penegasan, yang positif dua corona, yang terindikasi di atas 50 orang. Yang di atas 50 orang ini yang kontak langsung dengan korban," tutur Idris di Balai Kota Depok, Jawa Barat, Senin (2/3/2020) seperti dikutip di Liputan6.com.

Menurut Idris, 50 orang tersebut mencakup petugas medis Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok dan pasien di rumah sakit tersebut. Sebab, dua korban virus corona sempat memeriksakan kesehatannya di sana.

"Memang ada beberapa pasien yang mengeluh flu di rumah sakit, tapi belum terbukti," katanya.

Kini Pemkot Depok mengawasi setiap keluhan dan laporan yang masuk ke setiap lembaga medis, termasuk puskesmas dan rumah sakit. Idris berharap setiap lapisan masyarakat dapat sigap memberikan informasi terkait virus corona di lingkungannya.

"Tetangga sekitarnya kami masih cari informasi yang lain ya," Idris menandaskan. 2 dari 6 halaman 2 Pasien Corona Warga Depok?  Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Terawan mengatakan, pihaknya sudah menjalani prosedur penanganan orang terduga kena virus corona sudah dilakukan.

"Kita sudah cek, kita bawa. Sudah melakukan isolasi rumah. Sesuai prosedur kita lakukan, menjaga rumahnya. Jadi sudah terdeteksi dari 1 Maret kita lakukan, begitu dengar berita, kita lakukan penelusuran, kita lakukan pemeriksaan," kata Terawan.

Dia menjelaskan, kedua orang itu melakukan kontak langsung dengan warga negara Jepang yang sebelumnya positif terjangkit virus corona.

"Karena ini kan kontak langsung, ini kan kita cek. Kalau enggak close kontak, itu berbeda. Kita mengacu pada epidologis, mana yang paling memungkinkan," jelas Terawan.

Hingga Senin (2/3/2020) malam, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru belum bereaksi berkaitan pengumuman virus Corona sudah masuk ke Indonesia. Belum ada perubahan jadwal pertandingan Shopee Liga 1 2020. Di Thailand, Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) telah mengeluarkan keputusan menggelar pertandingan Liga Thailand tanpa penonton. Akankah hal itu menular ke Indonesia?

Video Populer

Foto Populer