Sukses


Prediksi PSM Vs Barito Putera: Juku Eja Waspadai Kebangkitan Laskar Antasari

Bola.com, Makassar - PSM Makassar lebih diunggulkan memenangkan pertandingan saat menjamu Barito Putera pada laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2020 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Minggu (15/3/2020). Faktor tuan rumah dan materi pemain jadi acuannya.

Berada diatas angin tak membuat PSM Makassar kehilangan kewaspadaan. Pelatih Bojan Hodak malah merasa perlu mengingatkan pemainnya agar mewaspadai kebangkitan sang tamu. Bagi Bojan, dua kekalahan beruntun yang dialami Barito Putera bukan disebabkan mereka minim kualitas dibandingkan Madura United dan Bali United.

"Saya melihat kualitas serangan Barito Putera lumayan baik. Masalah mereka hanya di lini belakang yang membuat kesalahan kecil tapi dampaknya besar. Saya yakin pelatih Barito Putera sudah melakukan pembenahan," ujar Bojan merujuk enam gol yang bersarang ke gawang Barito Putera pada dua laga awal.

Itulah mengapa Bojan mengaku lebih fokus menjaga performa skuatnya. Terutama kondisi fisik pemain di tengah jadwal padat yang mereka lakoni di Shopee Liga 1 dan Piala AFC 2020.

"PSM bermain lima kali dalam 17 hari. Saya harus melihat kondisi pemain sebelum menentukan siapa yang akan diturunkan nanti," terang Bojan.

Bojan beruntung, pada laga nanti, ia bisa memainkan seluruh pemain terbaiknya, termasuk kapten Wiljan Pluim yang absen saat PSM menjamu Kaya FC Iloilo (10/3/2020) karena sanksi kartu. Dua pemain yang lama absen karena cedera, Irsyad Maulana dan Abdul Rahman juga sudah bergabung dalam latihan reguler.

Menghadapi Barito, PSM wajib meraih tiga poin di markas sendiri untuk menjaga persaingan musim ini. Artinya, besar kemungkinan Bojan langsung memainkan Giancarlo Rodrigues, Ferdinand Sinaga dan Osas Saha secara bersamaan.

Giancarlo sudah fit setelah diparkir ketika menghadapi Kaya FC. Peran Ferdinand sebagai pemain pembeda dibutuhkan PSM. Sementara Osas sudah mulai unjuk kemampuan dengan golnya ke gawang Kaya FC.

Sementara itu, kembalinya Firza Andika di latihan reguler menambah opsi Bojan di sisi bek sayap. Kalau berjalan normal, PSM Makassar akan memainkan dua bek sayap Timnas Indonesia U-23 untuk pertama kalinya pada musim ini. Firza Andika di kiri dan Asnawi Mangkualam di kanan. Keduanya menjadi pendamping yang pas buat duet stoper, Hussein El Dor dan Serif Hasic.

 

Video

2 dari 3 halaman

Tim Tamu Realistis

Sementara itu, pelatih Barito Putera, Djajang Nurdjaman memilih realistis dalam menyikapi peluang timnya. Mantan pelatih Persib Bandung ini menilai materi pemain yang dimiliki PSM Makassar merata di semua lini.

"Penampilan mereka pun solid dan kompak. Apalagi bermain di kandang sendiri," kata Djanur, sapaan akrabnya.

Itulah mengapa Djanur meminta para pemainnya tetap fokus sepanjang laga. Khususnya di lini belakang yang kerap membuat kesalahan dalam mengantisipasi bola silang lawan.

Untuk lini ini, Djanur bakal mempertimbangkan memainkan Dandi Maulana sebagai starter untuk mengganti peran OK Jhon yang belum optimal pada dua laga awal. Begitu pun dengan opsi menurunkan kiper Aditya Harlan sejak menit awal.

Sementara di tengah, Djanur berharap banyak pada Bayu Pradana yang baru pulih dari cedera. Peran gelandang tim nasional senior ini sangat dibutuhkan Barito. Bukan sekadar penyeimbang tapi juga 'pengirim' umpan panjang ke dua pelari cepat di sisi sayap, Ambrizal Umanailo dan Rizky Pora.

Kalau skema ini berjalan baik, Barito bisa berharap banyak pada striker Aleksandar Rakic. Nama terakhir memiliki kenangan manis di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, di mana pada Liga 1 2018, Rakic mencetak hattrick ke gawang PSM saat memperkuat Tira Persikabo.

 

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (4-4-2): Miswar Saputra (kiper); Asnawi Mangkualam, Hussein El Dor, Serif Hasic, Firza Andika; Yakob Sayuri, Wiljan Pluim, Rizky Pellu, Ferdinand Sinaga; Giancarlo Rodrigues, Osas Saha

Pelatih: Bojan Hodak

Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan (kiper); Kurniawa Karman, Dandi Maulana, Casio di Jesus, Reva Adi Utama;Yasser Islame, Ferdiansyah, Danilo Sekulic; Ambrizal Umanailo, Aleksandar Rakic, Rizky Pora

Pelatih: Djajang Nurjaman

 

Prediksi Bola.com

PSM 60-40 Barito Putera

PSM Makassar punya sejumlah keuntungan untuk bisa memastikan kemenangan dalam pertandingan ini. Tidak hanya bermain di depan puluhan ribu suporternya, Juku Eja memiliki materi pemain yang sangat bagus dalam pertandingan ini. Apalagi Wiljan Pluim siap kembali mengendalikan lini tengah permainan timnya.

Video Populer

Foto Populer