Sukses


Bermain Imbang dengan Borneo FC, PSM Lolos ke Perempat Final Piala Menpora 2021

Bola.com, Malang - PSM Makassar kembali memetik hasil imbang dalam laga matchday ketiga Grup B Piala Menpora 2021. Kali ini mereka ditahan 2-2 oleh Borneo FC Samarinda setelah sempat unggul 2-0 dalam duel yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Rabu sore (31/3/2021).

Hasil ini membuat PSM Makassar mengoleksi lima poin dari tiga pertandingan. Tanpa menunggu hasil antara Persija Jakarta kontra Bhayangkara FC yang digelar malam ini, PSM sudah dipastikan lolos ke babak perempat final Piala Menpora 2021, meski belum bisa dipastikan statusnya sebagai juara atau runner-up grup.

PSM mengambil inisiatif sebagai tim yang mencari celah di pertahanan lawan pada menit-menit awal. Para pemain tengah berusaha menguasai bola sebelum menemukan peluang untuk membobol gawang Borneo FC yang dikawal oleh Angga Saputro.

Peluang pertama dibukukan oleh PSM Makassar melalui penyerang Saldy di menit ketujuh dengan melepas tembakan. Namun, bola masih melencang dan belum menemui sasaran.

Dua menit berselarang giliran pemain sayap Yakob Sayuri yang menemukan ruang tembak dan mengancam gawang Borneo. Sama seperti Saldy, bola tambakannya belum mengarah ke gawang lawan.

Borneo FC membukukan peluang pertamanya memasuki menit ke-14 pertandingan lewat penyerang Terens Puhiri. Tapi, lagi-lagi bola juga masih belum mengarah ke sasaran.

Memasuki menit ke-15, giliran Guy Junior yang mengirim ancaman ke PSM. Bola tembakannya berhasil mengarah ke gawang, namun masih mudah diamankan oleh kiper Juku Eja, Hilman Syah.

PSM akhirnya membuka keunggulan saat pertandingan memasuki menit ke-20. Itu berawal dari penetrasi yang dilakukan oleh Yakob Sayuri ke kotak penalti Borneo FC. Yakob mengirim umpan ke Saldy yang dengan mudah menjebloskan bola ke gawang Angga.

Hanya empat menit kemudian, PSM berhasil menggandakan keunggulan. Kali ini Zulham Zamrun yang mencatatkan namanya di papan skor. Dia melepas tendangan bebas yang gagal diamankan oleh Angga Saputro.

Borneo FC kemudian mendapat hadiah penalti akibat handball yang terjadi pada menit ke-29. Mulanya Javlon Guseynov melakukan sundulan setelah situasi sepak pojok. Bola mengenai tangan Erwin Gutawa dan membuat wasit menunjuk titik putih.

Guy Junior yang tampil sebagai eksekutor mampu mencetak gol dengan mearahkan bola ke sisi kiri gawang Hilman Syah. Skor 1-2 membuat Borneo FC memperkecil ketinggalan dari PSM Makassar dan bertahan hingga turun minum.

 

Video

2 dari 3 halaman

Borneo FC Mengejar

PSM Makassar tetap tampil dengan penguasaan bola yang lebih dominan memasuki babak kedua. Beberapa peluang penting berhasil mereka bukukan namun masih belum berhasil menjadi gol. Penampilan ciamik Yakob Sayuri menjadi pembeda.

Dalam situasi ini, Borneo FC justru menambah koleksi golnya yang lahir pada menit ke-64 berkat sepakan Rifal Lastori. Rifal mampu memanfaatkan bola muntah setelah Hasyim Kipuw berusaha membuangnya lewat sundulan.

Skor 2-2 membuat pertandingan berjalan lebih seru dengan kedua tim yang sama-sama ingin memenangi pertandingan.

PSM mendapat peluang emas pada menit ke-69 lewat aksi individu Yakob Sayuri dengan dribel kencangnya. Sayang, itu berakhir antiklimaks lantaran bola tembakannya masih melambung jauh dari gawang.

Pada menit ke-70, giliran Terens Puhiri yang mendapat peluang untuk membawa timnya unggul. Tapi, bola sepakannya masih berhasil diamankan oleh Hilman Syah yang tampil cukup apik dalam pertandingan ini.

Hingga pertandingan berakhir, kedudukan imbang 2-2 tidak berubah. PSM Makassar pun berhasil melangkah ke perempat final Piala Menpora 2021 dengan raihan 5 poin dari 3 laga.

Namun, status lolosnya PSM, apakah sebagai juara grup atau runner-up, masih akan menunggu hasil pertandingan antara Bhayangkara Solo FC kontra Persija Jakarta yang digelar pada Rabu malam.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

  • Borneo FC Samarinda (4-3-3): Angga Saputra (Kiper); M. Ilham, Javlon Guseynov, Komang Teguh, Irsan Lestaluhu (Belakang); Hendro Siswanto, Sultan Samma, M. Andika (Tengah); Fajar Fathurrahman, Guy Junior, Terens Puhiri (depan)
  • Pelatih: Mario Gomez
  • PSM Makassar (4-3-3): Hilman Syah (kiper); Zulkifly Syukur, Hasyim Kipuw, Erwin Gutawa, Abdul Rachman (belakang); Sutanto Tan, Rasyid Bakri, M. Arfan (tengah); Zulham Zamrun, Yakob Sayuri, Saldi Amiruddin (depan)
  • Pelatih: Syamsuddin Batolla

Video Populer

Foto Populer