Sukses


Solidaritas Lawan COVID-19, Bonek Bagikan Sembako dan Masker di Jayapura

Bola.com, Jayapura - Bonek, suporter Persebaya, masih terus bersumbangsih untuk membantu memerangi pandemi virus corona. Kali ini, giliran Bonek Jayapura yang bergerak untuk melakukan kegiatan sosial.

Mereka membagikan sembago dan masker untuk masyarakat ibukota Provinsi Papua tersebut. Ini merupakan aksi nyata yang dilakukan oleh Bonek Jayapura untuk membantu masyarakat sekitar dalam membantu pandemi.

“Ini merupakan salah satu partisipasi Bonek Jayapura untuk melawan pandemi corona. Dengan membagikan makser, kami juga ingin membantu masyakarat,” kata Muhammad Nur Arianto, anggota Bonek Jayapura kepada Bola.com, Kamis (7/5/2020).

Mereka mulai melakukan aksi sosial ini pada Minggu (3/5/2020) di empat lokasi. Di antaranya adalah lampu merah Hamadi, Sentai, Keerom Perempatan Arso 3, dan Abepura Waena. Kegiatan yang sama mereka lakukan pada dua pekan sebelumnya.

Bonek Jayapura membagikan bantuan kepada sesama anggota dengan melakukan donasi dan dibagikan ke anggota yang terdampak pandemi ini. Mereka membantu sembako seperti telur, mie, gula, kopi dan lain-lain.

“Masyarakat sangat antusias saat kami ikut membagikan bantuan ini. Kami juga ikut senang bisa berkontribusi. Semoga pandemi ini cepat berlalu dan semuanya kembali normal,” imbuh pria yang karib disapa Ari itu.

Kasus COVID-19 di Papua sendiri masih dalam angka yang kecil dibanding provinsi lain di Indonesia. Data terbaru tercatat hanya ada 248 kasus saja yang terkonfirmasi, berbanding provinsi lain yang mencapai ribuan.

Ari dan rekan-rekannya encananya akan kembali memberi sumbangan dalam waktu dekat. Namun, kali ini targetnya adalah para petugas medis yang bekerja keras di garda terdepan memerangi virus Corona.

Bonek Jayapura sendiri adalah komunitas pendukung Persebaya yang kini tinggal di Jayapura. Kebanyakan dari mereka merupakan perantauan asal Surabaya dan sekitarnya.

Video

2 dari 2 halaman

Terbitkan Buku untuk Bantu Penanganan COVID-19

Bonek, suporter Persebaya, sudah ikut bergerak berkontribusi membantu korban COVID-19 dengan berbagai macam cara dan bentuk. Kali ini giliran Bonek Writer Forum (BWF) yang turut andil dalam upaya tersebut.

BWF merupakan sebuah komunitas Bonek yang berisikan para penulis sepak bola. Mereka menerbitkan buku berjudul Tolak Bala Sepak Bola. Saat ini, buku tersebut sedang dalam pengerjaan dan direncanakan rampung sekaligus terbit pada lebaran 2020.

Terdapat 24 tulisan yang berasal dari 23 penulis yang semuanya merupakan anggota BWF. Buku ini berisi tulisan-tulisan yang menggambarkan efek dari bencana-bencana yang terjadi di dunia terhadap sepak bola.

Tak hanya pandemi COVID-19, bencana-bencana lain yang berpengaruh terhadap sepak bola internasional juga ada. Di antaranya adalah Tragedi Heysel, ledakan Chernobyl, perang El Salvador vs Honduras, hingga jatuhnya pesawat yang ditumpangi skuat Manchester United.

"Setelah membaca buku ini, kita bisa lebih berempati kepada korban bencana khususnya para pelaku di dunia sepak bola," kata Rossi Rahardjo, editor buku yang juga anggota BWF.

"Gaya penulisannya bermacam-macam. Ada yang gaya media sosial, gaya jurnalistik, dan ada yang akademis," imbuh Rossi.

Sebanyak 23 penulis yang berasal dari berbagai latar belakang turut berkontribusi. Mereka membuat tulisan-tulisan di buku ini lebih beragam. Anggota BWF memang berasal dari berbagai kalangan seperti akademisi, jurnalis, PNS, fotografer, hingga mahasiswa.

Video Populer

Foto Populer