Sukses


Cerita Indra Kahfi, Perubahan Posisi di Lapangan dan Karier Polisi sebelum Jadi Pesepak Bola

Bola.com, Jakarta - Kapten Bhayangkara FC, Indra Kahfi Ardhiyasa, mengaku posisi asli ketika mengawali karier sebagai pesepak bola profesional adalah gelandang bertahan. Namun, posisi Indra Kahfi berubah menjadi bek tengah pada 2015 sampai saat ini.

Indra Kahfi awalnya memang pernah bermain sebagai bek tengah ketika membela PSPS Pekanbaru pada 2013-2014. Namun, hal itu dilakukan karena terpaksa. Indra Kahfi mulai rutin menggeluti peran sebagai bek tengah ketika dicoba oleh mantan Iwan Setiawan di Pusamania Borneo FC pada 2015.

Ketika itu, Indra Kahfi bergabung dengan Pusamania Borneo FC untuk tampil di turnamen Piala Jenderal Sudirman 2015. Pelatih Iwan Setiawan ketika itu melihat Indra Kahfi lebih mumpuni sebagai bek tengah.

"Sebelumnya saya pernah bermain sebagai stopper di PSPS dan itu juga dadakan. Akan tetapi, saya tidak paham benar menjalani peran di posisi stopper ketika itu karena memang mendadak saja," kata Indra Kahfi di akun Youtube Hamka Hamzah.

"Kalau ditanya siapa yang mengubah posisi saya dari gelandang bertahan ke stopper itu di Borneo FC. Ketika itu diubah oleh pelatih Iwan Setiawan," ucap Indra Kahfi.

Setelah itu, Indra Kahfi berbagung dengan PS Polri dan saat ini bermain di Bhayangkara FC sebagai bek tengah. Pemain yang juga anggota Polri berpangkat Inspektur Dua (Ipda) itu mendapatkan banyak masukan dari para pemain top ketika awal bermain sebagai bek tengah.

"Kebetulan saya sudah latihan di Borneo FC dan ada abang juga (Hamka Hamzah). Akhirnya bermain di PS Polri bersama Bio Paulin dan dikasih banyak masukan. Setelah itu di Bhayangkara Surabaya United bersama Otavio Dutra juga banyak dikasih masukan," ucap Indra Kahfi.

2 dari 2 halaman

Polisi Dulu, Pesepak Bola Kemudian

Tak banyak yang tahu, Indra Kahfi sebenarnya mengawali kariernya sebagai anggota Polri lebih dulu kemudian menjadi pesepak bola. Hal ini sangat berbeda dengan kebiasaan Bhayangkara FC saat ini yang merekrut pesepak bola yang kemudian mendapatkan rekomendasi untuk menjadi anggota Polri.

Indra Kahfi menjadi anggota Polri pada 2004 ketika berusia 18 tahun. Adapun karier sepak bola profesional kakak dari kapten Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, itu baru dimulai pada 2009.

"Saat diterima sebagai anggota Polri, saya vacuum bermain sepak bola. Pada 2009-2010 saya baru kembali bermain sepak bola lagi bersama Persikota Tangerang," ucap Indra Kahfi.

Sumber: Youtube Hamka Hamzah

Video Populer

Foto Populer