Sukses


Aji Santoso: Pergantian 5 Pemain Bagus Kalau Diterapkan di Shopee Liga 1, Asal...

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, mendukung rencana FIFA menerapkan aturan main pergantian lima pemain di sebuah pertandingan sepak bola. Tak hanya bagus bagi kesehatan di masa pandemi corona COVID-19,  Aji melihat regulasi ini membuat pesepak bola belia punya kesempatan bermain lebih banyak.

Munculnya rencana tersebut karena pandemi virus corona, yang melumpuhkan kompetisi di berbagai belahan dunia. IFAB selaku badan yang mengontrol aturan sepakbola telah menyetujui permintaan yang diajukan FIFA tersebut.

Akan tetapi, aturan pergantian lima pemain itu tidak berlaku selamanya. IFAB hanya mengizinkan penerapan tersebut sampai 31 Desember 2020, setelah itu bakal kembali peraturan awal yakni pergantian tiga pemain.

"Bagus menurut saya aturan itu kalau jadi diterapkan. Bagi pemain muda bisa untuk menambah jam terbang mereka. Selama ini mereka kekurangan jam bertanding karena pergantian pemain maksimal hanya tiga orang saja," kata Aji.

Kendati demikian, Aji Santoso menilai kompetisi Shopee Liga 1 2020 tidak perlu dilanjutkan. Penyebaran virus corona di Tanah Air yang belum membaik sampai sekarang menjadi landasan pemikirannya itu.

"Kalau ada penularan virus corona malah bahaya, karena aktivitas sepak bola melibatkan banyak orang. Sebelum situasi kondusif sebaiknya kompetisi jangan digelar dulu," ujar sosok berusia 50 tahun tersebut.

Setelah hampir dua bulan menjalani latihan mandiri secara online, hari ini akan menjadi latihan terakhir bagi skuad Persebaya Surabaya sebelum libur Lebaran. Latihan rencananya kembali dimulai dua pekan setelah Lebaran.

Tidak ada perbedaan materi pada hari terakhir latihan online. Pelatih Persebaya Aji Santoso menjelaskan, kondisi penggawanya setelah hampir dua bulan menjalani latihan secara terpisah berbeda-beda. Ada yang mengalami penurunan. Namun, pelatih asal Malang tersebut masih menganggap penurunan kondisi penggawanya masih wajar.

’’Dari latihan-latihan kemarin anak-anak cukup bagus ya. Soal kondisi pemain, ya kalaupun ada yang menurun, itu wajar lah. Hanya, tidak terlalu drastis,’’ ucap mantan pelatih Persela Lamongan tersebut.

Video

2 dari 2 halaman

Tuntut Pemain Jaga Berat Badan

Selama libur, Aji membebaskan anak asuhnya. Hanya, dia berpesan kepada Rachmat Irianto dkk untuk tetap menjaga kondisi. Terutama soal berat badan. Aji berharap berat badan mereka tetap ideal setelah libur.

’’Untuk saat ini, saya lihat masalah berat badan juga dalam kondisi normal. Dan berharap tetap seperti itu. Kalau nanti ada yang over, kami sendiri tidak ada punishment. Hanya, akan selalu kami ingatkan,’’ jelas Aji.

Meski cukup ketat soal berat badan, Aji tetap memperbolehkan penggawanya menyantap hidangan khas Lebaran yang identik dengan lemak. Asal tidak berlebihan. ’’Kalau untuk Lebaran satu atau dua hari masih boleh lah. Saya kasih kebebasan makan menikmati Lebaran. Yang terpenting tidak berlebihan,’’ pungkas Aji.

Video Populer

Foto Populer