Sukses


Main Gim dan Nonton Film, Cara Jitu Kiper Muda Borneo FC Usir Kejenuhan

Bola.com, Samarinda - Kiper muda Borneo FC, Gianluca Claudio Pandeynuwu, mempunyai cara untuk melepaskan diri dari kejenuhan yang menghampiri akibat terhentinya kompetisi yang berimbas tak ada aktivitas bersama tim. Sebagai anak muda, memainkan gim menjadi satu cara yang ampuh.

Gianluca Claudio Pandeynuwu dan pemain profesional lainnya sudah hampir tiga bulan tidak menjalani aktivitas normal sebagai atlet sepak bola. Ya, kompetisi yang dihentikan PSSI.

Federasi Sepak Bola Indonesia itu menghentikan kompetisi Liga 1 2020 saat memasuki pekan tiga. Penghentian kompetisi disebabkan force majeure karena pandemi virus Corona. Setelah disetop, klub-klub kontestan pun, termasuk Borneo FC, mengambil kebijakan meliburkan para pemainnya dengan kewajiban berlatih mandiri.

Alhasil, para pemain itu harus beraktivitas dari rumah, termasuk berlatih. Satu bulan terlewati, mungkin kejenuhan belum menghampiri para pemain itu. Tapi, kini memasuki bulan ketiga sejak dihentikannya kompetisi yang membuat mereka tidak bisa menghindari kejenuhan.

Berbagai cara dilakukan para pemain agar mereka tidak jenuh. Ada yang menambah intesitas latihan di luar rumah, ada yang membuka usaha baru atau mengembangkan bisnis yang sudah dimiliki. Namun, tak sedikit yang menggunakan waktu kosongnya untuk bermain gim di gadget mereka seperti yang dilakukan Gianluca Claudio.

"Kalau jenuh pasti ya. Kegiatannya tetep menjaga kondisi, dan bermain gim dan nonton film. Gim Mobile Legend, kalau nonton tentu film yang biasanya saya buka lewat Netflix," kata Gianluca Claudio kepada Bola.com, Kamis (25/06/2020).

Bukan tanpa alasan Gianluca melakukan dua aktivitas tersebut untuk menghibur diri. Secara tidak langsung, gim yang dimainkannya melatih kekompakan. Sedangkan menonton film adalah caranya bersantai sebelum berisitirahat.

Bermain gim dan nonton film, kata Claudio, sah-sah saja selama tidak menyita waktu istirahat yang sangat penting bagi seorang atlet.

"Ada drama korea Crash Landing On You, 13 Reason Why, Elite, Money Heist, itu film yang saya suka. Kalau bermain gim, menarik dan bisa melatih kekompakan dan komunikasi," ujar kiper muda Borneo FC itu.

 

Video

2 dari 2 halaman

Sambut Baik Kembali Bergulirnya Kompetisi

Namun, apa yang dilakukannya itu dalam waktu dekat ini mungkin tidak bisa dilakukan dengan bebas lagi. Pasalnya, kompetisi Shopee Liga 1 dipastikan berlanjut. Kepastian itu datang setelah PSSI mengeluarkan pernyataan kompetisi akan dilanjutkan kembali pada September atau awal Oktober.

Jika benar diputar pada bulan itu, maka sudah dipastikan para pemain termasuk Gianluca Claudio harus kembali ke klub pada Juli atau Agustus mendatang.

Meski harus meninggalkan keseruan memainkan gim dan nonton film untuk mengisi kekosongan waktu, Gianluca Claudio tidak merugi. Pasalnya, kompetisi yang ditunggunya akan segera digulirkan sehingga bisa beraktivitas kembali bersama klub yang dibelanya, Borneo FC.

"Puji Tuhan. Senang bisa bermain sepak bola lagi. Tapi, semoga kompetisi ini bisa selesai dengan baik. Semoga semua pemain kondisinya aman dan sehat selalu. Semoga kesehatan dan keselamatan semua staf, baik pelatih maupun ofisial, dan pemain bisa diperhatikan. Harapan saya, ya pasti bawa Borneo FC juara. Kekuatan Borneo FC tahun ini lebih bagus," Gianluca Claudio mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer