Sukses


Perjalanan Kim Jeffrey Kurniawan Berlabuh di Indonesia: Berawal dari Ajakan Timo Scheunemann

Bola.com, Jakarta - Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan sudah dikenal publik sepak bola Indonesia sejak lama.

Kiprah pemain berusia 30 tahun ini di sepak bola Indonesia terbilang cukup panjang. Ia pertama kali ia mencicipi atmosfer sepak bola Indonesia pada 2011. Kim pun membela sejumlah tim besar, di antaranya Pelita Bandung Raya (sekarang Madura United) dan Persib.

Pelatih berdarah Jerman, Timo Scheunemann yang menjadi penyebab dirinya mencicipi kompetisi di Indonesia. 

"Dulu sebenarnya saya tidak ada pikiran tinggal di Indonesia, karena saya punya paspor Jerman. Kemudian coach Timo Scheunemann datang dan mengajak bermain di Persema Malang," ungkap Kim Kurniawan dalam channel YouTube Hanif dan Rendy show belum lama ini.

Kim Jeffrey Kurniawan bersama Irfan Bachdim sempat menjadi magnet kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI) tahun 2011. Kim menandai debutnya melawan Solo FC pada laga pembuka LPI di Stadion Manahan Solo. Kemudian sepak bola Indonesia digegerkan dengan dualisme kompetisi.

"Saat itu kompetisi yang saya ikuti di Jerman juga sedang berhenti. Lalu coach Timo melihat video saya latihan. Kemudian meyakinkan untuk saya datang ke Indonesia dan bersama Irfan Bachdim di Persema," kenang Kim Kurniawan.

2 dari 3 halaman

Kenal Sepak Bola sejak Usia 4 Tahun

Lahir dan besar di Jerman, Kim sudah menggeluti sepak bola sejak kanak-kanak. Pada usia empat tahun, Kim mengenal olahraga si kulit bundar. Ia lalu masuk tim lokal pada usia enam tahun.

"Dari usia 6 tahun sampai 19 tahun di satu tim, Karlsruhe. Saya mengalami cedera sehingga karier untuk masuk ke tim profesional tertutup," tuturnya.

"Kemudian saya putuskan kuliah sambil main bola amatir, sempat sudah putus harapan main profesional," jelas Kim Jeffrey Kurniawan.

3 dari 3 halaman

Video

Wawancara Elkan Baggott

Video Populer

Foto Populer