Sukses


Kisah Tantan, Berawal dari Tribune Bobotoh hingga Membawa Persib Juara

Bola.com, Bandung - Mantan pemain Persib Bandung, Tantan mengenang masa-masa awal ketika menjadi bagian dari skuad Maung Bandung. Tantan berniat menjadi pemain Persib karena sering diajak nonton pertandingan oleh kakek tercintanya.

Sejak masik duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), Tantan sering berada di tribune bobotoh. Saat itu, Maung Bandung masih bermarkas di Stadion Siliwangi.

Saking seringnya memanfaatkan waktu libur sekolah untuk menonton pertandingan Persib, perlahan namun pasti, tekad untuk membela Persib mulai tumbuh dalam dirinya.

Gayung bersambut. Sang kakek yang tahu keinginan cucunya untuk menjadi pesepak bola, langsung menyekolahkan Tantan di Sekolah Sepak Bola yang ada di sekitar kampung halamannya.

"Keinginan untuk menjadi pemain Persib itu tumbuh dari saat saya mulai duduk di tribune penonton sebagai bobotoh karena kakek sering mengajak saya nonton pertandingan Persib di Stadion Siliwangi," kata Tantan kepada Bola.com, Rabu (02/9/2020).

"Dengan dukungan keluarga saat itu saya pun memutuskan untuk menimba ilmu sepak bola di SSB. Pertama di SSB Elang Putih dan kemudian SSB Putera Lembang pas SMP," tambahnya.

Selepas dari SSB dan merasa sudah matang, Tantan memutuskan terjun ke kompetisi senior. Tim pertama yang dibelanya adalah Persilat Lampung Tengah yang bermain di Divisi Utama. Setelah itu Tantan bermain untuk Persikabo, Batavia Union, Persitara, dan Sriwijaya FC.

"Tak mudah memang untuk bisa masuk ke Persib. Saya malah main dulu di Lampung dan bermain di klub-klub lain, yakni Persitara, Persikab dan Persitara dan Sriwijaya FC. Memang sih selalu ada tawaran dari Persib saat saya bermain di Persikab dan Persitara, tapi tidak tahu kenapa tidak jadi terus," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Pelatih Akademi

Keberpihakan dan keberuntungan selalu menaungi Tantan. Saat usianya memasuki 30 tahun pada 2014, Tantan akhirnya berjodoh dengan Maung Bandung.

Bukan hanya berjodoh, pemain yang terkenal kuat dan jarang jatuh meski terkena takel keras pemain lawan ini sukses mengantarkan Persib juara ISL 2014.

"Alhamdulillah, setelah membela Sriwijaya FC dan 2014 akhirnya saya berseragam Persib. Itu momen yang tidak bisa saya lupakan. Bagaimana bisa melupakan, tahun pertama bisa juara setelah 19 tahun Persib tidak juara, selalu menjadi pemain inti. Benar-benar berkesan," ungkapnya.

Sayangnya, kebersamaan dengan Maung Bandung tidak lama. Tantan sering dibekap cedera. Ia akhirnya jarang bermain dan berpisah pada musim 2019 setelah sempat membela Persib B di Liga 2.

Setelah tidak lagi bermain, kini pemain yang memegang lisensi C AFC itu menjadi Pelatih di Akademi Persib.

"Ya, saya sering cedera, dan jarang tampil. Mungkin itu sudah takdir. Dan saya sekarang merintis karir sebagi pelatih, sebagai asisten pelatih di Akademi Persib. Sekarang sudah memegang lisensi C AFC. Alhamdulillah," Tantan mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer