VIDEO: Corner Six Liputan6.com, Bersama Dirut PT LIB dan Pemain Persib Bandung, Kim Kurniawan Bahas Banyak Hal Jelang Shopee Liga 1 2020

VIDEO: Corner Six Liputan6.com, Bersama Dirut PT LIB dan Pemain Persib Bandung, Kim Kurniawan Bahas Banyak Hal Jelang Shopee Liga 1 2020

- Corner Six Liputan6.com kali ini bersama Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB), yang merupakan operator kompetisi Shopee Liga 1 2020, Akhmad Hadian Lukita, dan gelandang Persib Bandung, Kim Kurniawan, pada Jumat (4/9/2020) pagi hari WIB. Acara bincang-bincang tersebut ditayangkan secara langsung di media sosial Liputan6.com di Facebook dan Instagram.

Shopee Liga 1 2020 terhenti pada pekan ketiga medio Maret 2020 akibat pandemi virus corona COVID-19. Kini, kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia tersebut akan kembali berjalan pada 1 Oktober 2020. PT LIB mengubah sejumlah regulasi. Misalnya, menambahkan protokol kesehatan yang ketat. Menurut Akhmad Hadian Lukita, pihaknya meniru bagaimana kompetisi di Eropa bisa dilanjutkan dan berakhir dengan aman, seperti Bundesliga Jerman.

"Perubahan yang paling signifikan itu ada di protokol kesehatan. Kami menyiapkan itu untuk menggelar kompetisi di tengah pandemi COVID-19. Ada juga perubahan lain yaitu kompetisi tanpa penonton. Kami belajar dari kompetisi di Eropa. Kami lihat mana yang paling menarik. Protokol kesehatan utama yaitu pemain harus bebas dari COVID-19," kata Lukita.

"Harapan saya, semoga tidak ada satu pun pemain atau ofisial yang terjangkit COVID-19. Bila itu terjadi, akan berat. Siapa pun, semoga tidak ada yang terpapar," ujar Lukita.

Dari sudut pandang pemain, Kim Kurniawan, mengaku tidak mempermasalahkan kembali bermain di Shopee Liga 1 di tengah pandemi COVID-19. Penyebabnya karena kompetisi adalah ladang mencari nafkah untuk pesepak bola.

"Setelah sekian lama vakum, kami pesepak bola ingin kembali bermain. Rasanya excited dan senang bakal ada pertandingan lagi. Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan mulus dan sesuai rencana. Mudah-mudahan kami bisa sedikit memberikan hiburan tanpa membahayakan karena sepak bola adalah hiburan nomor satu di Indonesia, dan hal itu yang bagus," ujar Kim Kurniawan.

"Walaupun suporter nonton di televisi. Kami semua, apalagi pemain, punya tanggung jawab cukup besar dan kami harus sadar itu dan mengikuti protokol kesehatan. Jaga kebersihan dan jaga jarak. Kami tetap bisa melanjutkan, bukan hanya itu, tapi juga mengakhiri kompetisi. Semoga tidak ada hambatan," kata Kim.

Corner Six Liputan6.com kali ini dipandu oleh Wakil Redaktur Pelaksana (Waredpel) Kanal Sports Liputan6.com, Marco Tampubolon, dan Editor Senior Kanal Sports, Defri Saefullah. Kalian bisa menyaksikan acara bincang-bincang bersama Dirut PT LIB dan pemain Persib Bandung, Kim Kurniawan, jelang Shopee Liga 1 2020 tersebut dalam tayangan di atas.

Ringkasan

Oleh Marco Tampubolon, Defri Saefullah pada 04 September 2020, 14:07 WIB

Video Terkait

Spotlights