Sukses


Duel Pelatih Timnas Indonesia U-19 Vs Arab Saudi: Berbeda Level Tak Menentukan Hasil

Bola.com, Jakarta - Laga antara Timnas Indonesia U-19 kontra Arab Saudi U-19 di ajang International U-19 Friendly Tournament 2020 di Kroasia, Jumat (11/9/2020), menjadi ajang adu strategi dua pelatih berbeda level. Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, merupakan pelatih yang pernah berkiprah di Piala Dunia. Sementara pelatih Arab Saudi U-19, Damien Hertog, bukanlah pelatih yang punya reputasi selevel.

Sebelum ditunjuk menangani Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong merupakan pelatih yang cukup kenyang pengalaman. Ia memulai karier kepelatihan bersama klub Australia, Queensland Roar, sebagai asisten pelatih.

Kemudian ia menjadi pelatih Seongnam Ilhwa Chunma pada periode 2009 hingga 2019. Bersama klub besar Korea itu, Shin Tae-yong berhasil menjuarai Liga Champions Asia 2010 dan Piala FA Korea 2011.

Sempat menjadi caretaker pelatih Timnas Korea Selatan pada 2014, ia kemudian menjadi asisten pelatih tim yang sama pada 2014 hingga 2017. Pada saat yang sama ia juga menangani Korea Selatan U-23 dan U-20.

Shin Tae-yong membantu Korea Selatan menjuarai Piala EAFF 2017, turnamen sekelas Piala AFF yang digelar di Asia Timur. Selain itu ia juga mengantar Korea Selatan ke Piala Dunia 2018 meski hanya sampai di fase grup dengan torehan terbaik mengalahkan sang juara bertahan, Jerman, di fase grup.

Sementara Damien Hertog sejauh ini bukanlah pelatih yang sudah mengecap level dunia. Ia memulai karier kepelatihan dari klub Belanda, Excelsior Maassluis pada 2010 hingga 2011. Kemudian ia menangani Feyenoord U-19 dalam dua periode, yaitu 2011 hingga 2013 dan 2016 hingga 2017.

Setelah itu, ia menjadi asisten pelatih di klub Siprus yang juga langganan di Liga Champions, APOEL FC, hingga akhirnya menjajal karier di Uni Emirat Arab sebagai asisten pelatih Al Jazira. Ia kemudian menjadi pelatih kepala Al Jazira pada 2018 hingga 2019.

Jika bicara pengalaman, tentu Shin Tae-yong yang kini menangani Timnas Indonesia U-19 punya keunggulan daripada Damien Hertog yang menangani Arab Saudi U-19.

Video

2 dari 2 halaman

Berbeda Nasib di Kroasia

Kendati berbeda level dalam pengalaman, nasib tim yang mereka tangani tak berbeda jauh, dan cenderung terbalik. Baik Timnas Indonesia U-19 maupun Arab Saudi U-19 sudah kalah dari tim tuan rumah Kroasia maupun Bulgaria.

Kendati demikian pencapaian Arab Saudi dalam turnamen persahabatan di Kroasia ini cenderung lebih baik.

Timnas Indonesia U-19 sejauh ini sudah kebobolan 10 gol dan baru mencetak satu gol. Torehan itu didapatkan lewat kekalahan 0-3 dari Bulgaria di pertandingan pertama dan 1-7 saat bertemu tim tuan rumah Kroasia.

Sementara itu, Arab Saudi U-19 punya torehan yang lebih baik. Arab Saudi asuhan Damien Hertog mampu mencetak lima gol dalam dua pertandingan, meski mereka juga kebobolan hingga tujuh gol. Arab Saudi kalah 3-4 dari Kroasia di pertandingan pertama dan kemudian kalah 2-3 dari Bulgaria di laga kedua.

Jadi siapa yang lebih berkualitas? Shin Tae-yong atau Damien Hertog? Tentu saja hal tersebut akan terlihat ketika Timnas Indonesia U-19 menghadapi Arab Saudi malam ini.

Video Populer

Foto Populer