Sukses


Shopee Liga 1: Widodo C Putro Menyiasati Latihan Persita agar Pemain Tetap Ceria

Bola.com, Tangerang - Pelatih Persita Tangerang, Widodo C Putro, tidak terlalu bisa menutupi penyesalannya karena lanjutan Shopee Liga 1 2020 masih belum menemui kepastian. Widodo pun memilih mengalihkan perhatian kepada anak asuhnya dan mengatur strategi latihan agar para pemain Pendekar Cisadane tetap bisa menikmati rutinitias mereka sembari serius mempersiapkan kemungkinan kompetisi berlanjut.

Shopee Liga 1 2020 kabarnya akan berlanjut pada 1 November mendatang. Hal tersebut diungkapkan dalam rapat penting antara klub peserta dan PT Liga Indonesia Baru di Yogyakarta pada Selasa (13/10/2020).

Namun, setelah pertemuan yang menyebut Liga 1 2020 berlanjut pada 1 November mendatang, berhembus kabar Polri tetap tidak akan mengeluarkan izin keramaian untuk kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu, yang juga merupakan alasan batalnya lanjutan kompetisi digelar mulai 1 Oktober lalu.

Widodo C Putro menyesalkan batalnya lanjutan Liga 1 2020 bergulir. Namun, ia bisa memahami keputusan kepolisian yang tidak memberi izin terhadap kompetisi. Kini, mantan striker Timnas Indonesia itu fokus kepada anak asuhnya agar tetap bisa menikmati latihan dan tidak mengalami penurunan motivasi.

"Seharusnya kami sudah mulai bertanding pada Oktober, ternyata tidak mendapatkan izin dari kepolisian. Memang izin ini yang berwenang pihak Polri. Masalah keamanan mereka ahlinya. Namun, di sisi lain, dari kami, pelatih, memang sangat menyayangkan, tapi bagaimanapun itu ranah kepolisian," ujar Widodo C Putro seperti dalam rilis yang diterima Bola.com.

Pelatih yang sudah mengarsiteki Persita Tangerang sejak Liga 2 musim 2019 itu juga menyayangkan situasi dan kondisi yang tidak jelas harus terjadi. Apalagi Widodo melihat anak asuhnya sangat giat berlatih demi mempersiapkan diri menghadapi lanjutan kompetisi.

"Kemarin performa tim sudah bagus, kami sudah siap. Namun, karena ada penundaan, akhirnya kami harus menyiasati. Makanya, saya liburkan satu pekan. Ini sudah mulai latihan lagi, tapi tidak dalam tekanan. Tidak terlalu taktikal, tidak ada tekanan apa pun," ujar Widodo.

"Saya memberikan kebebasan, supaya mereka bisa menikmatinya. Tapi, tetap serius kalau melakukan latihan supaya tidak ada yang cedera. Siasat kami begitu. Kemungkinan nanti juga ada laga uji coba," lanjut pelatih Persita Tangerang itu.

2 dari 3 halaman

Tetap Bersyukur

Meski begitu, Widodo C Putro tetap bersyukur. Dalam kondisi saat ini, di mana pandemi COVID-19 belum memperlihatkan penurunan angka kasus setiap harinya, Widodo melihat seluruh pemain Persita Tangerang masih sehat.

"Kami sangat memproteksi para pemain. Syukurlah, semua dalam kondisi sehat pada masa pandemi ini. Kami sudah dua kali menjalani swab test, beberapa kali rapid test, dan syukurlah semua tidak ada yang terpapar COVID-19," ujar Widodo.

"Ini berkat kerja keras semua orang untuk menjaga dan menjalankan protokol kesehatan di internal tim Persita," lanjut mantan pelatih Bali United itu.

Sementara menunggu kepastian jadwal, Widodo C Putro dan tim kepelatihan Persita pun hanya bis melakukan persiapan lewat latihan dan uji coba.

"Kami menyesuaikan keadaan saja. Berharap pemusatan latihan juga tidak bisa ke mana-mana. Uji coba keluar juga tidak mungkin. Akhirnya kami menyiasati dengan banyak menggelar uji coba dengan tim Persita U-20, karena di tim itu ada beberapa pemain yang akan masuk ke tim senior," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer