Sukses


Carlton Cole: Klub dan Pelatih di Liga Indonesia Harus Mendengar Saran dari Pemain Asing

Bola.com, Jakarta - Mantan striker Persib Bandung, Carlton Cole, menyuarakan pendapatnya mengenai klub dan pelatih di Liga Indonesia yang cenderung tutup mata dan telinga terhadap pemain asing. Padahal menurutnya, penting buat mereka mendengarkan saran bagus demi kemajuan sepak bola Tanah Air.

Carlton Cole pernah membela Persib pada Liga 1 2017. Meski cuma bermain sebanyak lima kali, kehadirannya cukup meramaikan jagad sepak bola Indonesia.

Pada Maret 2018, Persib memutuskan untuk tidak melanjutkan kerjasama dengan eks Chelsea dan West Ham United tersebut. Tergambar jika Cole sedikit menyayangkan sikap pelatih dan klub yang tidak bisa memanfaatkan keberadaan pemain asing, khususnya dari Eropa.

"Mereka seharusnya bisa belajar banyak. Pengalaman saya ketika datang ke Persib, ada beberapa hal yang saya dan beberapa pemain Eropa, bahwa kami bisa membantu mereka," kata Cole.

"Saya berharap bahwa mereka mendengarkan saran kami. Ini bukan masalah besar, tapi saya pikir pelatih di Indonesia secara umum perlu memiliki pemikiran yang lebih terbuka dan sesekali mendengar saran dari pemain yang sudah datang jauh-jauh untuk membantu mengembangkan sepak bola di sana."

"Kadang saya berpikir, pelatih Indonesia bisa mendapat banyak infirmasi dari para pemain yang datang dari benua lain seperti Eropa karena mungkin banyak ide yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya," kata Cole lagi.

Video

2 dari 2 halaman

Jadi Pelatih Akademi West Ham

Selain melanjutkan 'karier' sebagai pembicara di berbagai program televisi di Inggris, termasuk tampil di channel YouTube Wes Ham, Cole kini disibukkan dengan kegiatan sebagai mentor buat akademi tim berjulukan The Hammers itu.

"Saya bekerja di akademi West Ham United U-16. Mereka merekrut saya karena ingin saya menjadi mentor untuk membantu anak-anak bisa bergabung ke tim senior secepatnya," kata Cole.

"Saya punya formula untuk itu, dan mereka ingin saya menyampaikan pengalaman bermain kepada anak-anak. Saya juga melatih mereka agar menjai pemain yang lebih baik," ujarnya lagi.

Video Populer

Foto Populer